get app
inews
Aa Read Next : Hati-Hati, 7 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Mengandung Tinggi Gula

Tingkatkan Daya Ingat, Inilah 10 Minuman yang Membuat Otak Lebih Cerdas

Rabu, 26 Juni 2024 | 10:54 WIB
header img
Minuman yang membantu meningkatkan daya ingat dan membuat otak lebih cerdas umumnya kaya akan nutrisi yang mendukung kesehatan otak. Foto: Freepik

3. Kopi

Kafein dalam kopi adalah stimulan alami yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Selain itu, kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi otak dari penuaan dan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

4. Coklat Panas

Flavonol dalam kakao bermanfaat dalam merelaksasi lapisan pembuluh darah yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah, yang berarti dampak kerusakan pada otak berkurang seiring berjalannya waktu. Minum secangkir coklat panas dapat mengurangi risiko stroke dan defisit kognitif.

5. Susu Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Kurkumin dapat melintasi penghalang darah-otak dan telah terbukti meningkatkan faktor neurotropik yang berasal dari otak (BDNF), yang mendukung pertumbuhan dan kelangsungan hidup neuron.

6. Smoothie dengan Beri dan Kacang-kacangan

Buah-buahan seperti blueberry dan strawberry kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang dapat meningkatkan kesehatan otak dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Menambahkan kacang-kacangan seperti almond atau kenari yang kaya asam lemak omega-3 dan vitamin E juga dapat mendukung fungsi kognitif.

7. Air Kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit penting seperti kalium dan magnesium yang dapat mendukung fungsi otak dan saraf. Elektrolit ini penting untuk menjaga hidrasi dan transmisi saraf yang optimal.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut