Logo Network
Network

Meniup Makanan Panas Berbahaya Menurut Medis, Simak Penjelasannya!

Syifa Fauziah/Eni Pepin Lusiani
.
Senin, 12 Februari 2024 | 13:44 WIB
Meniup Makanan Panas Berbahaya Menurut Medis, Simak Penjelasannya!
Meniup makanan panas berbahaya menurut medis. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Beberapa makanan terasa lebih nikmat saat dikonsumsi masih hangat karena tekstur dan rasa makanan lebih terjaga. Apalagi bila makanan tersebut disantap saat hujan di cuaca dingin. Sensasinya, dapat membantu meningkatkan suasana hati dan membuat momen makan menjadi lebih nikmat.

Tetapi, ada beberapa orang yang ternyata tidak nyaman atau sensitif terhadap makanan panas karena khawatir akan membakar lidah mereka. Sehingga, mereka meniup makanan panas sebelum dimakan.

Faktanya meniup makanan atau minuman panas sebelum dikonsumsi tidak disarankan. Dokter Nadia Alaydrus merujuk pada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ketika seseorang meniup lilin kue ulang tahun ternyata menghasilkan 1400 lebih banyak bakteri dibandingkan dengan kue ulang tahun yang nggak ditiup.

Meniup makanan panas dapat memindahkan bakteri dari mulut kita ke makanan atau minuman tersebut. Oleh karena itu, sebagai tindakan pencegahan, disarankan untuk menghindari meniup makanan atau minuman panas sebelum dikonsumsi, terutama jika makanan tersebut akan disantap oleh orang lain.

"Saat meniup makanan yang akan dikonsumsi, itu akan mentransfer bakteri dan juga mikroorganisme yang lain dari saluran pernapasan ke makanan tersebut, makanya nggak disarankan meniup makanan," ujarnya seperti dikutip dari akun TikTok @nadialaydrus.

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini