get app
inews
Aa Read Next : Deretan Artis yang Menikah dengan Habib dan Ustaz, Nomor 4 Kini Tinggal di Selandia Baru

Deretan Artis Jadi Kepala Daerah, Nomor 6 Mundur dari Jabatan karena Tidak Ingin Menerima Gaji Buta

Jum'at, 15 Desember 2023 | 10:12 WIB
header img
Artis jadi kepala daerah. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Fenomena artis yang menjadi kepala daerah yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini banyak menimbulkan perdebatan dan perhatian yang besar dari masyarakat. Para artis ini ada yang masih menjabat ataupun pernah menjabat sebagai kepala daerah, mulai dari walikota, bupati, hingga gubernur.

Popularitas mereka dapat menjadi modal penting dalam dunia politik. Mereka memiliki basis penggemar yang besar dan dapat menarik perhatian publik dengan lebih mudah. Namun demikian, ada juga pro dan kontra terkait dengan kemampuan mereka dalam memahami dan mengelola masalah-masalah yang kompleks di tingkat pemerintahan daerah.

Selain itu, ada pertanyaan tentang apakah popularitas mereka sebagai figur publik dapat dijadikan ukuran yang memadai untuk kepemimpinan politik yang efektif. Kekhawatiran tersebut memang menjadi perhatian serius. Bahkan, sejumlah kekhawatiran ini pun terbukti, di mana ada beberapa artis yang sempat terlibat kontroversi hingga tindak pidana kasus suap.

Pengalaman dan kapasitas dalam memimpin suatu daerah menjadi hal yang sangat penting dalam kepemimpinan politik. Kontroversi dan kasus-kasus hukum yang melibatkan beberapa artis yang terjun ke dunia politik juga menunjukkan bahwa popularitas saja tidak cukup untuk menjadi pemimpin yang efektif.

Lalu, siapa saja artis yang menjadi kepala daerah? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Artis Jadi Kepala Daerah

1. Rano Karno


 

Rano Karno merupakan salah satu artis yang memutuskan untuk beralih ke dunia politik setelah sukses di dunia hiburan. Pemeran sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini menjadi Wakil Bupati Tangerang pada periode 2008-2013, tetapi mengundurkan diri pada 2011. Kemudian di tahun yang sama, ia mencalonkan diri sebagai sebagai Wakil Gubernur Banten, mendampingi Ratu Atut Chosiyah.

 Namun karena jabatan Ratu Atut Chosiyah dicopot, Rano Karno dilantik sebagai Plt Gubernur Banten. Ia lalu mencalonkan diri sebagai Gubernur Banten tetapi gagal dan akhirnya kini menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

2. Pasha Ungu


 

Pasha Ungu yang memiliki nama lengkap Sigit Purnomo Said pernah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu periode 2016-2021. Namun selama itu, ia kerap tersandung kontroversi, seperti gaya rambutnya yang dianggap tidak sesuai dengan jabatan yang diemban hingga pernah manggung di Singapura.

Tak berhenti di situ, pria 44 tahun ini juga pernah kedapatan membebankan biaya pembayaran kontrak rumah mewah miliknya kepada APBD serta terlibat kasus penipuan lomba marathon di Palu.  Meskipun demikian, ia masih dapat mengemban jabatannya hingga selesai dan diangkat menjadi Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Palu pada 2020.

3. Hengky Kurniawan


 

Hengky Kurniawan sejak tahun 2018 resmi menjadi Wakil Bupati Bandung Barat. Kemudian, pada tahun 2021, ia diangkat Plt Bupati Bandung Barat karena sang bupati Aa Umbara terjerat kasus korupsi.

Karena ingin fokus mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2024, Hengky Kurniawan melepas jabatannya pada September 2023. Hal itu dilakukan agar dirinya dapat memenuhi persyaratan maju dalam Pileg 2024 dapil II Jawa Barat.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut