10 Jenis Daun yang Cepat Menurunkan Kolesterol, Mudah Ditemukan Disekitar Rumah

Diana Rafika Sari/Eni Pepin Lusiani
Daun yang cepat menurunkan kolesterol. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Beberapa daun yang cepat menurunkan kolesterol mudah ditemukan di sekitar rumah. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa beberapa jenis daun tumbuhan terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Daun-daun yang diketahui cepat menurunkan kolesterol ini mengandung senyawa-senyawa seperti katekin, allicin, dan flavonoid. Senyawa-senyawa tersebut terbukti dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi daun-daun tersebut secara teratur dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang.

Kolesterol tinggi pada dasarnya dapat diwariskan. Jika anggota keluarga Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, Anda mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kondisi serupa. Namun, kolesterol tinggi seringkali disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan yang tidak seimbang, kurangnya aktivitas fisik, dan kebiasaan merokok.

Untuk mengatasi kondisi ini, perubahan gaya hidup sehat seperti mengadopsi diet seimbang, rutin berolahraga dan mengonsumsi daun yang cepat menurunkan kolesterol dapat membantu menurunkan kolesterol.

Lantas, apa saja jenis daun yang cepat menurunkan kolesterol? Dilansir dari Mayo Clinic, berikut 10 daun yang cepat menurunkan kolesterol.

Daun yang Cepat Menurunkan Kolesterol

1. Daun Pepaya


Daun Pepaya. Foto: Istock Photo
 

Daun pepaya mengandung enzim papain dan serat yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Enzim papain dalam pepaya dapat membantu dalam pencernaan lemak, sedangkan serat dapat membantu mengikat kolesterol dalam usus dan membantu tubuh membuangnya.

2. Daun Salam


Daun Salam. Foto: Istock Photo
 

Daun salam dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Penelitian awal menunjukkan bahwa minum teh yang terbuat dari daun salam setiap hari selama periode waktu tertentu yakni 10 hari, sedikit dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network