Daftar Jenis Makanan yang Buruk bagi Penderita Kolesterol, Sebaiknya Dihindari

Dyah Ratna Meta Novia/Eni Pepin Lusiani
Ayam goreng. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi perlu mengubah pola makan dan gaya hidupnya agar dapat mengendalikan kadar kolesterolnya. Mengubah kebiasaan makan sehari-hari yang tinggi lemak adalah langkah kunci dalam mengelola kadar kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

Konsumsi makanan yang tidak dikontrol, atau makan secara sembarangan terutama makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol, baik itu jenis, kandungan, dan porsinya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular, stroke, dan penyumbatan pembuluh darah.

Lalu, apa saja makanan yang buruk bagi penderita kolesterol yang sebaiknya dihindari? Berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi oleh penderita kolesterol tinggi, seperti yang dirangkum dari Healthline dan EverydayHealth.

Makanan yang Buruk bagi Penderita Kolesterol

1. Dessert (Makanan Penutup)

Makanan seperti kue, es krim, kue kering, dan makanan manis lainnya memang enak dan menyenangkan. Namun, makanan tersebut cenderung tinggi kolesterol, tambahan gula, lemak tidak sehat, dan kalori. Mengonsumsi makanan ini secara berlebihan dapat memiliki dampak negatif bagi kesehatan dan menyebabkan kenaikan berat badan seiring waktu.

Penelitian telah mengaitkan asupan gula tambahan dengan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan mental, dan beberapa jenis kanker tertentu.

"Sebaiknya batasi atau hindari makanan berkolesterol tinggi tertentu, seperti makanan cepat saji, daging olahan, gorengan, dan makanan penutup manis," bunyi keterangan dalam Healthline

2. Kulit Ayam

Daging ayam dapat menjadi pilihan yang baik bagi pengidap kolesterol tinggi jika Anda memilih bagian yang rendah lemak, seperti daging tanpa kulit. Namun, sebaiknya hindari makan kulit ayam karena kulit ayam adalah lemak. Apalagi jika pengolahannya dengan cara digoreng menggunakan minyak, maka jumlah kalori dan kolesterol dalam makanan tersebut akan semakin meningkat.

3. Gorengan

Makanan yang digoreng, terutama yang menggunakan minyak yang mengandung lemak trans, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Lemak jahat (LDL) ini adalah jenis lemak yang dihasilkan dari proses hidrogenasi minyak nabati, yang kemudian digunakan dalam banyak makanan panggang yang beredar di pasaran, atau makanan digoreng.

Makanan yang digoreng menggunakan minyak yang mengandung lemak trans, seperti kue kering, kue, kentang goreng, onion ring, dan kerupuk akan berdampak buruk bagi kadar kolesterol dalam tubuh.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network