Selain Rasanya Lezat, Ini 4 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Eni Pepin Lusiani
Manfaat buah durian untuk kesehatan. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Eni Pepin Lusiani

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Durian adalah salah satu buah khas Asia Tenggara atau daerah-daerah tropis lain, termasuk Indonesia. Buah ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, dan sering dianggap sebagai "raja buah" karena rasanya yang khas dan teksturnya yang lembut.

Meskipun baunya yang kuat menjadi kontroversi bagi sebagian orang, tetapi bagi banyak orang Indonesia, durian adalah buah yang sangat digemari karena rasanya yang lezat. Selain itu durian juga ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Penasaran, apa saja manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh? Simak ulasan berikut ini, dilansir dari dari laman PharmEasy, Senin (27/11/2023).  

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

1. Durian sebagai Antioksidan

Durian mengandung senyawa bioaktif seperti polifenol dan flavonoid yang memiliki potensi sebagai antioksidan. Senyawa-senyawa ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan demikian, durian memiliki potensi untuk menunjukkan sifat antioksidannya dengan cara menonaktifkan radikal bebas berbahaya.

2. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang dilakukan oleh Haurenkit et al. pada 2007 memberikan petunjuk awal tentang potensi manfaat kesehatan dari konsumsi durian, termasuk kemungkinan penurunan kadar kolesterol jahat dan low-density lipoprotein (LDL). Namun, untuk mengetahui secara pasti pengaruh durian pada manusia, diperlukan penelitian lebih lanjut.

Penting untuk memeriksa kadar kolesterol secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter jika kadar kolesterol Anda tinggi.

3. Menurunkan Indeks Glikemik

Makanan durian mungkin memiliki indeks glikemik yang rendah jika dibandingkan dengan beberapa buah tropis lainnya. Indeks glikemik merupakan nilai untuk mengukur seberapa cepat suatu makanan tertentu akan meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network