8 Sayuran Paling Menyehatkan, Nomor 4 Ampuh Menurunkan Tekanan Darah hingga Kolesterol Tinggi

Diana Rafika Sari/Eni Pepin Lusiani
Sayuran paling menyehatkan. Foto: Getty Images

7. Tomat


 

Meskipun tomat secara teknis adalah buah, kebanyakan orang memperlakukannya seperti sayuran dan menggunakannya dalam hidangan gurih. Tomat mentah yang dicincang mengandung 32 kalori, 427 mg kalium, dan 24,7 mg vitamin C.

Tomat mengandung likopen, antioksidan kuat. Penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat membantu mencegah kanker prostat, dan beta karoten dalam tomat juga membantu memerangi kanker. Sementara itu, antioksidan kuat lainnya pada tomat, seperti lutein dan zeaxanthin, dapat melindungi penglihatan.

Studi Penyakit Mata Terkait Usia melaporkan bahwa orang yang memiliki asupan makanan tinggi zat-zat ini memiliki 25 persen penurunan risiko degenerasi makula terkait usia. Orang-orang menyukai tomat mentah atau dimasak, dan memasaknya akan melepaskan lebih banyak likopen.

8. Paprika


 

Paprika merah cincang menyediakan 39 kalori, 190 mg vitamin C, 0,434 mg vitamin B6, folat, dan beta karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Antioksidan dan bahan kimia bioaktif yang ada dalam paprika meliputi asam askorbat, karotenoid, vitamin C, beta karoten, flavonoid, seperti quercetin dan kaempferol.

Paprika mudah dimasukkan ke dalam pasta, telur orak-arik, atau salad. Seseorang mungkin juga menikmatinya yang diiris dengan guacamole atau hummus.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews dengan judul "8 Sayuran Paling Menyehatkan, Kale Ampuh Menurunkan Kolesterol"

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network