8 Sayuran Paling Menyehatkan, Nomor 4 Ampuh Menurunkan Tekanan Darah hingga Kolesterol Tinggi

Diana Rafika Sari/Eni Pepin Lusiani
Sayuran paling menyehatkan. Foto: Getty Images

5. Brokoli


 

Brokoli merupakan sayuran yang sangat menyehatkan. Brokoli cincang dan direbus mengandung sekitar 31, memenuhi kebutuhan harian vitamin K, dua kali jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari.

Menurut National Cancer Institute, penelitian pada hewan menemukan bahwa bahan kimia tertentu, yang disebut indoles dan isothiocyanates, dalam sayuran dapat menghambat perkembangan kanker di beberapa organ. Termasuk kandung kemih, payudara, hati, dan perut.

Senyawa ini dapat melindungi sel dari kerusakan DNA, menonaktifkan agen penyebab kanker, dan memiliki efek antiinflamasi. Brokoli bisa dinikmati dengan memanggangnya, mengukusnya, mencampurkannya ke dalam sup, atau menikmatinya hangat dalam salad.

6. Wortel


 

Wortel cincang mengandung 52 kalori dan lebih dari empat kali lipat asupan vitamin A harian yang direkomendasikan orang dewasa, dalam bentuk beta karoten. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan penglihatan, dan mendapatkan cukup nutrisi ini dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan.

Nutrisi tertentu dalam wortel juga memiliki sifat melawan kanker. Tinjauan 10 artikel pada 2018 melaporkan bahwa asupan wortel dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara.

Wortel sangat serbaguna. Sayuran ini cocok untuk sup, dan memberikan manfaat kesehatan yang besar jika dimakan mentah, hingga dijadikan saus seperti hummus.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network