8 Sayuran Paling Menyehatkan, Nomor 4 Ampuh Menurunkan Tekanan Darah hingga Kolesterol Tinggi

Diana Rafika Sari/Eni Pepin Lusiani
Sayuran paling menyehatkan. Foto: Getty Images

3. Bit


 

Bit mentah mengandung 58,5 kalori, 442 mg potasium, 148 mikrogram folat. Bit dan jus bit sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung, karena sayuran ini kaya akan nitrat yang menyehatkan jantung.

Studi kecil pada 2012 menemukan bahwa minum 500 g jus bit secara signifikan menurunkan tekanan darah pada orang sehat. Selain itu, sayuran ini juga bermanfaat bagi penderita diabetes karena mengandung serat yang membantu mengontrol kadar gula darah.

Bit mengandung antioksidan yang disebut asam alfa-lipoat, yang bermanfaat bagi penderita masalah saraf terkait diabetes, yang disebut neuropati diabetik. Bit yang dipanggang menghasilkan rasa manis alami, tetapi juga terasa enak saat dikonsumsi dalam jus, salad, dan sandwich.

4. Kale


 

Kale merupakan sumber nutrisi yang kaya dengan sekitar 7 kalori per cangkir daun mentah dan kandungan vitamin A, C, dan K dalam jumlah yang baik. Kale juga bermanfaat bagi penderita kolesterol tinggi. Sebuah penelitian kecil pada 2008 melaporkan bahwa pria dengan kolesterol tinggi yang meminum 150 mililiter jus kale setiap hari selama 12 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol.

Hasilnya, mengalami penurunan kolesterol jahat sebesar 10 persen. Penelitian ini juga menemukan bahwa jus kale bisa menaikkan kolesterol baik sebesar 27 persen. Sementara itu, penelitian pada 2015 menunjukkan bahwa jus kale dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah.

Orang-orang menggunakan kale dalam hidangan pasta, salad, dan sandwich. Seseorang juga dapat menikmati keripik atau jus kale.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network