Daftar Jenis Makanan yang Buruk bagi Penderita Kolesterol, Sebaiknya Dihindari

Dyah Ratna Meta Novia/Eni Pepin Lusiani
Ayam goreng. Foto: Freepik

7. Ayam goreng

Mengonsumsi ayam dengan kulit dapat meningkatkan asupan lemak jenuh dan kolesterol dalam tubuh. Karena kulit ayam mengandung lemak yang tinggi, terutama lemak jenuh. Ahli kesehatan merekomendasikan untuk menghilangkan kulit ayam sebelum mengonsumsinya, terutama bagi orang dengan kolesterol tinggi atau masalah kesehatan jantung.

Sebagai perbandingan, satu paha ayam berkulit mengandung lebih banyak lemak jenuh daripada hamburger. Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsi ayam goreng, sebaiknya hilangkan kulitnya sebelum memasak atau saat menyantapnya. Ini akan membantu mengurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol.

“Menghilangkan kulit akan membantu mengurangi kandungan lemak secara keseluruhan," kata Kristi King, RDN, instruktur klinis di Baylor College of Medicine dan ahli diet senior di Rumah Sakit Anak Texas di Houston.

8. Jeroan

Jeroan adalah makanan yang kaya akan kandungan zat besi, sehingga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Di sisi lain, pengidap kolesterol tinggi harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang satu ini.

Jeroan atau daging organ dalam yang biasanya terdiri dari hati, paru, hingga jantung ini mengandung kadar kolesterol dan purin yang tinggi. Oleh karena itu penderita kolesterol dan asam urat disarankan untuk membatasi konsumsi jenis makanan ini.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "8 Makanan yang Buruk bagi Pengidap Kolesterol, Sebaiknya Hindari"

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network