get app
inews
Aa Read Next : Unik, 11 Desa di Indonesia Ini Berasal dari Nama Sayuran

8 Sayuran Paling Menyehatkan, Nomor 4 Ampuh Menurunkan Tekanan Darah hingga Kolesterol Tinggi

Selasa, 21 November 2023 | 10:38 WIB
header img
Sayuran paling menyehatkan. Foto: Getty Images

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Sayuran paling menyehatkan sangat beragam dan kaya akan nutrisi penting seperti serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Mengonsumsi berbagai jenis sayuran secara teratur dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Selain itu, sayuran juga rendah kalori sehingga cocok untuk dijadikan menu diet harian.

Meskipun semua sayuran pada dasarnya menyehatkan, ada beberapa jenis sayuran yang menonjol karena kandungan nutrisi atau manfaat kesehatannya yang luar biasa. Setiap jenis sayuran memiliki keunggulan masing-masing dan dapat memberikan manfaat kesehatan yang berbeda bagi orang-orang tertentu berdasarkan kebutuhan nutrisi atau kondisi kesehatan mereka.

Penasaran, apa saja sayuran paling menyehatkan? Dilansir dari Medical News Today, berikut sayuran paling menyehatkan.

Sayuran Paling Menyehatkan

1. Kembang Kol


 

Kembang kol merupakan sayuran yang bagus karena mengandung 27 kalori, banyak vitamin C, vitamin K, dan serat. Kandungan serat yang tinggi dalam kembang kol membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk membantu mencapai asupan serat harian yang direkomendasikan oleh American Heart Association. Dengan mengonsumsi 25 g serat makanan setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan usus.

Selain itu juga, kembang kol dan sayuran silangan lainnya mengandung senyawa antioksidan yang penting yakni indole-3-carbinol. Berdasarkan penelitian, telah mengaitkan senyawa ini dengan efek melawan kanker pada hewan. Kembang kol sama seperti brokoli, mengandung senyawa sulforaphane yang dapat membantu melawan kanker.

Kembang kol memang sangat fleksibel dalam pengolahannya. Dari nasi kembang kol hingga bahan dasar pizza, kembang kol dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang sehat dan rendah kalori. Mengonsumsi kembang kol dalam berbagai variasi hidangan seperti kari atau dipanggang dengan minyak zaitun dan bawang putih dapat membantu menambah variasi dalam pola makan sehari-hari.

2. Bayam


 

Bayam sayuran berdaun hijau merupakan sumber yang bagus dari berbagai nutrisi penting seperti kalsium, vitamin, zat besi, dan antioksidan. Kandungan zat besi dan kalsium dalam bayam membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk diet vegetarian atau diet bebas daging atau susu.

Bayam mentah sebagian besar terdiri dari air dan hanya mengandung 7 kalori. Bayam juga menyediakan sejumlah besar zat besi untuk energi dan kesehatan darah, serta tingkat magnesium yang tinggi untuk fungsi otot dan saraf.

Sayuran ini juga kaya akan antioksidan, dan penelitian menunjukkan bahwa daun bayam dapat menurunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Bayam bisa dikonsumsi sebagai salad, sandwich, smoothie atau aneka masakan lainnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut