get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Senin 6 Mei 2024

Tebing Setinggi 5 Meter Runtuh, Ancam 3 Rumah Warga dan Tutup Sebagian Ruas Jalan Sadananya-Cikoneng

Rabu, 24 April 2024 | 08:05 WIB
header img
Tebing setinggi 5 meter runtuh, ancam 3 rumah warga dan tutup sebagian ruas jalan Sadananya-Cikoneng. Foto: Sekdes Bendasari/Yayat Sudrajat

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – Tebing setinggi 5 meter di Dusun Neglasari RT 03 RW 03 Desa Bendasari, Sadananya, Ciamis runtuh sepanjang 15 meter saat hujan deras mengguyur disertai petir, Selasa (23/04/2024) sore sekitar jam 17.00 WIB.

Runtuhan tebing tersebut menutup sebagian ruas jalan Sadananya-Cikoneng yang merupakan rute angkot 018 jalur Sadananya-Sindangkasih.

“Runtuhan tebing menutup seperempat badan jalan Sadananya-Cikoneng tersebut. Tapi tidak sampai memutus arus lalu lintas, kendaraan masih bisa lewat. Jalan tersebut merupakan jalur angkot 018 rute Sadananya-Sindangkasih,” ujar Sekdes Bendasari Sadananya, Yayat Sudrajat ketika dihubungi, Selasa (23/04/2024) malam.

Karena cuaca masih hujan dan sudah malam gelap menurut Yayat, warga belum melakukan gotong royong untuk menyingkirkan puing longsor yang menutup ruas jalan Sadananya-Cikoneng di Neglasari tersebut.

“Hujan masih turun dan sudah gelap karena malam, Jadi rencananya timbunan longsor akan disingkirkan besok saja dengan gotong royong warga,” katanya.

Tidak hanya menimbun sebagian ruas jalan, runtuhan tebing setinggi 5 meter sepanjang 15 meter tersebut juga menimbun selokan di sisi jalan (drainase) serta mengancam 3 rumah warga yang  berada di atas tebing.

Ke-3 rumah warga yang terancam ambruk menyusu terjadinya longsor tebing tersebut masing-masing rumah milik Jaenudin (1 KK 3 jiwa), rumah milik Hanan (dihuni 1 KK 2 jiwa) dan rumah milik Rohmat (dihuni 1 KK 5 jiwa)

“Pemilik ke 3 rumah tidak sampai mengungsi. Tapi kami minta korban untuk selalu waspada mengingat hujan masih turun,” imbuh Yayat.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut