get app
inews
Aa Read Next : 8 Destinasi Wisata di Lembang Bandung, Udaranya Dingin dengan Pemandangan Alam yang Indah 

7 Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Unik

Jum'at, 15 Maret 2024 | 14:06 WIB
header img
Masjid di Indonesia dengan arsitektur unik. Foto: Instagram/@beritakotabandung

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Indonesia merupakan negara berpenduduk mayoritas muslim yang memiliki banyak masjid megah dengan gaya arsitektur yang unik dan menarik. Arsitektur masjid di Indonesia mencerminkan keberagaman budaya dan seni arsitektur yang kaya, dari gaya tradisional hingga kontemporer yang menarik minat banyak pelancong untuk berkunjung.

Bangunan megah, hiasan artistik, ukiran indah, dan desain interior yang menakjubkan sebagai ciri khas, menjadikan setiap masjid di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata religi. Selain sebagai tempat ibadah, masjid-masjid ini juga menjadi tujuan wisata bagi banyak orang yang memberikan pengalaman religius, juga memperkaya pemahaman akan keindahan arsitektur dan keberagaman budaya Indonesia.

Dikutip dari laman Kemenparekraf, berikut rangkuman beberapa masjid di Indonesia yang menawarkan pengalaman beribadah sambil menikmati keindahan arsitektur yang unik.

Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Unik

1. Masjid 99 Kubah


Masjid 99 Kubah. Foto: Instagram/@syam.days
 

Masjid 99 Kubah, yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan, merupakan salah satu contoh dari masjid dengan gaya arsitektur yang unik di Indonesia.

Masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil ini, salah satu ciri khas yang membuat masjid ini begitu menonjol adalah adanya 99 kubah, yang melambangkan Asmaul Husna. Desain kubah-kubah tersebut menggabungkan warna-warna merah, kuning, dan oranye yang mencolok, namun tetap memberikan kesan yang indah dan memukau.

Letak Masjid 99 Kubah di tepi Pantai Losari memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung, terutama saat waktu Maghrib atau matahari terbenam. Pemandangan indah matahari terbenam di atas laut yang dapat disaksikan dari masjid ini menambah kecantikan dan keistimewaan tempat ini. Tak heran jika masjid ini menjadi ikon wisata religi yang sangat populer di Makassar

2. Masjid Permata Qolbu


Masjid Permata Qolbu. Foto: Instagram/@laisonbyaurelias
 

Masjid Permata Qolbu, berada di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, memperlihatkan desain kontemporer dan berdiri kokoh di area Perumahan Permata Mediterania. Bangunan masjid ini menampilkan dominasi warna putih. Salah satu ciri khas dari Masjid Permata Qolbu adalah adanya kolom-kolom besar yang menjulang ke atas dan terbagi-bagi dengan sekat.

Interior kolom-kolom tersebut terinspirasi oleh bentuk jari-jari manusia yang sedang berdoa, membentuk lafaz Allah pada bagian kubah. Pada malam hari, lampu-lampu yang menerangi bangunan ini menambah kesan kemewahan pada arsitektur masjid.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut