get app
inews
Aa Read Next : Paket Produk Olahan Ikan, Bingkisan Unik Kekinian untuk Parsel Lebaran

7 Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Unik

Jum'at, 15 Maret 2024 | 14:06 WIB
header img
Masjid di Indonesia dengan arsitektur unik. Foto: Instagram/@beritakotabandung

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Indonesia merupakan negara berpenduduk mayoritas muslim yang memiliki banyak masjid megah dengan gaya arsitektur yang unik dan menarik. Arsitektur masjid di Indonesia mencerminkan keberagaman budaya dan seni arsitektur yang kaya, dari gaya tradisional hingga kontemporer yang menarik minat banyak pelancong untuk berkunjung.

Bangunan megah, hiasan artistik, ukiran indah, dan desain interior yang menakjubkan sebagai ciri khas, menjadikan setiap masjid di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata religi. Selain sebagai tempat ibadah, masjid-masjid ini juga menjadi tujuan wisata bagi banyak orang yang memberikan pengalaman religius, juga memperkaya pemahaman akan keindahan arsitektur dan keberagaman budaya Indonesia.

Dikutip dari laman Kemenparekraf, berikut rangkuman beberapa masjid di Indonesia yang menawarkan pengalaman beribadah sambil menikmati keindahan arsitektur yang unik.

Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Unik

1. Masjid 99 Kubah


Masjid 99 Kubah. Foto: Instagram/@syam.days
 

Masjid 99 Kubah, yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan, merupakan salah satu contoh dari masjid dengan gaya arsitektur yang unik di Indonesia.

Masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil ini, salah satu ciri khas yang membuat masjid ini begitu menonjol adalah adanya 99 kubah, yang melambangkan Asmaul Husna. Desain kubah-kubah tersebut menggabungkan warna-warna merah, kuning, dan oranye yang mencolok, namun tetap memberikan kesan yang indah dan memukau.

Letak Masjid 99 Kubah di tepi Pantai Losari memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung, terutama saat waktu Maghrib atau matahari terbenam. Pemandangan indah matahari terbenam di atas laut yang dapat disaksikan dari masjid ini menambah kecantikan dan keistimewaan tempat ini. Tak heran jika masjid ini menjadi ikon wisata religi yang sangat populer di Makassar

2. Masjid Permata Qolbu


Masjid Permata Qolbu. Foto: Instagram/@laisonbyaurelias
 

Masjid Permata Qolbu, berada di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, memperlihatkan desain kontemporer dan berdiri kokoh di area Perumahan Permata Mediterania. Bangunan masjid ini menampilkan dominasi warna putih. Salah satu ciri khas dari Masjid Permata Qolbu adalah adanya kolom-kolom besar yang menjulang ke atas dan terbagi-bagi dengan sekat.

Interior kolom-kolom tersebut terinspirasi oleh bentuk jari-jari manusia yang sedang berdoa, membentuk lafaz Allah pada bagian kubah. Pada malam hari, lampu-lampu yang menerangi bangunan ini menambah kesan kemewahan pada arsitektur masjid.

3. Masjid Al Safar


Masjid Al Safar. Foto: markigoo.wordpress.com
 

Masjid Al Safar yang terletak di rest area KM. 88 Tol Purbaleunyi, Bandung, menarik perhatian para pengguna jalan tol karena desain arsitektur kontemporer yang unik.

Dirancang oleh Ridwan Kamil Masjid Al Safar ini menggunakan inspirasi dari teori Folding Architecture atau teknik melipat kertas (origami) dalam desainnya. Salah satu ciri khasnya adalah bentuk asimetris yang unik, dengan atap yang menyerupai ikat kepala khas masyarakat Sunda.

Desain yang unik ini membuatnya meraih penghargaan arsitektur terbaik Abdullatif Al Fozan Award pada 2019 di Arab Saudi, bersama dengan 26 masjid lainnya di seluruh dunia.

4. Masjid Babah Alun


Masjid Babah Alun. Foto: Instagram/@wibisono.ari
 

Masjid Babah Alun, dengan konsep semi klasiknya, memiliki arsitektur yang mencolok saat kita memasuki gerbang tol Depok-Antasari (Desari). Meskipun pada awalnya terlihat seperti klenteng karena gaya arsitektur yang menyerupai bangunan tradisional Tionghoa, masjid ini memiliki ciri khas dengan adanya kubah di bagian tengah bangunan.

Warna dominan yang digunakan dalam desain masjid ini adalah perpaduan merah, hijau, dan kuning emas yang kental dengan nuansa Tionghoa. Warna-warna tersebut melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan kejayaan.

5. Masjid Al Jabar


Masjid Al Jabar. Foto: Instagram/@bandungexplore
 

Masjid Al Jabar di Kota Bandung, merupakan salah satu destinasi wisata religi utama di Jawa Barat. Masjid ini dapat menampung hingga 30 ribu jamaah dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti museum dan galeri edukasi tentang Islam.

Terinspirasi dari rumus Aljabar, Masjid Al Jabar memiliki ornamen simetris dan geometris di setiap sisi bangunannya. Keunikan lainnya adalah konsep masjid ini yang memiliki 27 pintu, mewakili 27 kabupaten dan Kota di Jawa Barat.

6. Masjid Agung Tubaba


Masjid Agung Tubaba. Foto: Instagram/@andramatin
 

Masjid Agung Tubaba, juga dikenal sebagai Masjid Agung Baitul Shobur, merupakan salah satu ikon wisata religi di Islamic Center Tulang Bawang Barat, Lampung. Keunikan masjid ini terletak pada desainnya yang mengapung di atas air.

Kubah masjid berbentuk persegi lima, melambangkan jumlah salat lima waktu. Menara masjid setinggi 30 meter, mewakili 30 juz dalam Alquran.

Arsitektur yang memukau ini membuat sang arsitek, Andra Matin, meraih penghargaan arsitek tertinggi dari Venice Biennale Architecture di Venice, Italia.

7. Masjid Sheikh Zayed


Masjid Sheikh Zayed. Foto: Instagram/@yudhi_pilot_drone
 

Masjid megah di Solo, Jawa Tengah ini merupakan destinasi wisata religi terbaru di kota Solo. Dibangun sebagai simbol persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA), masjid ini mengadopsi desain arsitektur yang mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, dirancang oleh arsitek Yusef Abdelki.

Meskipun ukurannya lebih kecil daripada masjid di Abu Dhabi, Masjid Sheikh Zayed tetap mempertahankan warna dominan putih dengan aksen emas. Keindahan arsitektur masjid ini semakin diperkaya dengan keberadaan empat menara dan sebuah kubah utama yang menggambarkan gaya arsitektur Timur Tengah.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "7 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Isi Liburan Isra Miraj ke Sini Aja!"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut