get app
inews
Aa Read Next : Joel Kojo Bomber Kirgistan Bantu Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Ini Profilnya 

8 Pemain Keturunan Siap untuk Dinaturalisasi demi Membela Timnas Indonesia

Senin, 01 Januari 2024 | 14:56 WIB
header img
Pemain keturunan siap untuk dinaturalisasi demi membela Timnas Indonesia. Foto: Kolase/Instagram

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Ada 8 pemain keturunan yang siap untuk dinaturalisasi demi membela Timnas Indonesia, menarik untuk dibahas. Proses naturalisasi pemain-pemain keturunan ini memang menjadi perhatian publik belakangan ini.

PSSI telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan prestasi Timnas Indonesia dengan cara menaturalisasi sejumlah pemain sepakbola yang memiliki darah Indonesia. Hal itu merupakan strategi yang dilakukan untuk memperkuat skuat Timnas.

Berkas dua pemain keturunan yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen saat ini sedang diproses oleh PSSI. Kemudian, pada Januari 2024 ini, Nathan Tjoe-A-On resmi memegang paspor Indonesia menyusul nama-nama lain seperti Jay Idzes dan Justin Hubner.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada delapan pemain keturunan yang blak-blakan siap dinaturalisasi demi membela Timnas Indonesia. Lantas siapa saja?

Pemain Keturunan Siap untuk Dinaturalisasi

1. Jay Den Haan (Jong Sparta Rotterdam)


 

Saat ini, Jay Den Haan merupakan pemain Jong Sparta Rottertam, tim yang mentas di kasta ketiga Liga Belanda. Pemain berusia 22 tahun ini biasa bermain sebagai fullback kanan dan kiri. Dari 17 penampilannya di Liga 3 Belanda 2023-2024, ia telah mengemas satu gol dan satu assist.

“Saya tidak punya Paspor Indonesia tapi jika Indonesia membutuhkan, saya akan bersedia karena itu sebuah penghormatan yang besar bisa membela tanah kelahiran kakek nenek saya,” kata Jay Den Haan, mengutip dari akun Instagram @futboll.indonesiaa.

2. Ilias Alhaft (FC Noah)


 

Ilias Alhaft (26 tahun) saat ini bermain untuk FC Noah di kasta teratas Liga Armenia. Ia telah mencetak lima gol dan memberikan enam assist dalam 19 pertandingan musim ini. Ilias Alhaft siap jika ditawari dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia, hal itu ia ungkapkan dalam sebuah kesempatan medio Juni 2023.

“Tapi, kalau itu (membentangkan bendera saat Almere City promosi ke Eredivisie) tanda buat saya memperlihatkan bahwa saya terbuka untuk Timnas Indonesia, tentu saya terbuka untuk membela Timnas Indonesia,” jelas Ilias Alhaft, mengutip dari YouTube Yussa Nugraha.

3. Luke Keet (Diagoras Rodou)


 

Luke Keet, pemain berusia 20 tahun ini, kini bermain untuk Diagoras Roduo di Liga 2 Yunani pada musim 2023-2024. Pemain yang biasa mentas sebagai winger ini siap membela Timnas Indonesia jika dipanggil sang pelatih skuad Garuda.

“Menurut saya kesempatan yang indah untuk bisa dipanggil (Timnas Indonesia). Jadi, tentu saya jawab iya (jika mendapat penawaran membela Timnas Indonesia). Senang bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia,” kata Luke Keet, mengutip dari YouTube Yussa Nugraha.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut