get app
inews
Aa Read Next : Mastama STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua: Proses Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kampus

Kampung Madu Banjaranyar Ada Budidaya 10 Spesies Lebah, Co-Chair W20 Bantu Akses Ekspor Madu

Jum'at, 03 November 2023 | 18:41 WIB
header img
Kabupaten Ciamis memiliki destinasi wisata yang unik dan menarik. Di destinasi ini, hampir semua penduduknya terlibat dalam budidaya lebah madu. Foto: ist

CIAMIS, INewsCiamisRaya.id -  Kabupaten Ciamis memiliki destinasi wisata yang unik dan menarik. Di destinasi ini, hampir semua penduduknya terlibat dalam budidaya lebah madu. Maka tidak heran jika desa ini dikenal sebagai Kampung Madu.

Kampung Madu ini terletak di Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dari pusat kota Ciamis, perjalanan ke sana memakan waktu sekitar 1,5 jam jika menggunakan kendaraan pribadi. Akses menuju kampung ini terutama melibatkan tanjakan karena desa ini berada di daerah perbukitan.

Di lokasi ini, masyarakat budidaya berbagai jenis lebah lokal. Ada setidaknya 10 spesies lebah yang dibudidayakan, termasuk lebah trigona, itama atau teuweul, leviset, lebah hutan atau Odeng, lebah matahari, nyiruan, dan berbagai jenis lain yang belum diketahui.

Meskipun sudah cukup terkenal, para petani madu di desa ini masih menginginkan akses yang memadai untuk mengekspor produk madu mereka ke luar negeri.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut