get app
inews
Aa Read Next : Mastama STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua: Proses Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kampus

Jaga Keselamatan Angkutan Mudik Lebaran 2023, Dishub Ciamis Lakukan Ramcek dan Tes Urine

Kamis, 13 April 2023 | 14:40 WIB
header img
Jaga Keselamatan Angkutan Mudik Lebaran 2023, Dishub Ciamis Lakukan Ramcek dan Tes Urine. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Guna menjaga keselamatan angkutan mudik lebaran 2023, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) serta Polres Ciamis, melakukan uji kelayakan angkutan lebaran atau Ramcek dan tes urine di Terminal Ciamis, Kamis (13/4/2023).

Seluruh kendaraan umum yang melintas di Terminal Ciamis mulai dari Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), dan angkutan lokal diperiksa kelayakannya mulai dari pengereman, wiper pembersih kaca, cahaya lampu baik lampu utama, sein maupun lampu rem, dan klakson.

Selain itu, sopir angkutan umum dan kondektur di tes urine guna menghindari penggunaan narkoba sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan dan dipastikan aman dalam pelaksanaan angkutan lebaran 2023.

Kepala Bidang Teknis dan Prasarana, Dishub Ciamis, I. Zulfi mengatakan, Pelaksanaan Ramcek dan tes urine tersebut berdasarkan surat dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait permohonan dukungan untuk pemeriksaan angkutan lebaran yang dijadwalkan pada H-7 dan H+7 lebaran.

"Pada hari ini kita melakukan kegiatan uji kelayakan dari kendaraan-kendaraan yang melintas di Terminal Kabupaten Ciamis, sehingga kita bisa memastikan dari segi awak angkutan juga aman dalam pelaksanaan angkutan lebaran," kata Zulfi.

Menurutnya, berdasarkan hasil sementara pengecekan kelayakan kendaraan tersebut, Dishub Ciamis menemukan enam dari delapan unit kendaraan yang kurang layak. Dari penemuan tersebut Dishub Ciamis akan memberikan catatan bahwasannya kendaraan tersebut harus diperbaiki.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut