get app
inews
Aa Read Next : KPU Ciamis Sudah Terima 6 Jenis Logistik Pemilu 2024, Disimpan di 4 Gudang

70 Persen Data Pemilih di Kabupaten Ciamis Sudah Dicoklit Pantarlih

Rabu, 22 Februari 2023 | 19:15 WIB
header img
70 Persen Data Pemilih di Kabupaten Ciamis Sudah Dicoklit Pantarlih. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menyebut, pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pemilu 2024 yang dilakukan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) yang berjumlah 3.939 orang sudah mencapai 70 persen.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Sarno Maulana Rahayu mengatakan, dari laporan yang masuk ke KPU, coklit yang dilakukan oleh Pantarlih di Kabupaten Ciamis mencapai 70 persen.

“Coklit ini dimulai sejak 12 Februari hingga 22 Februari 2023. Dari data yang masuk, coklit baru mencapai sekitar 60 sampai 70 persen yang dilakukan melalui coklit manual maupuk elektronik coklit,” kata Sarno, Rabu (22/2/2023).

Ia menuturkan, hasil pencoklitan ini merupakan bagian dari tahapan untuk menuju ke Data Pemilih Sementara (DPS), kemudian selanjutnya akan dijadikan bahan menuju Data Pemilih Tetap (DPT).

"Jadi sebelum pemilih memiliki hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang, para pemilih ini harus terdaftar dalam DPT terlebih dahulu," tuturnya.

Sarno menambahkan, pihaknya optimis akan menyelesaikan pemutahiran data pemilih sesuai target yakni 8-9 Maret 2023. Pasalnya, para petugas pantarlih ini diberi tugas hanya satu bulan sampai tanggal 14 Maret 2023 untuk pemutakhiran data pemilih.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut