get app
inews
Aa Read Next : Mastama STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua: Proses Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kampus

Kirab Budaya Cap Gomeh di Ciamis Berlangsung Meriah, Warga Terhibur dengan Atraksi Barongsai

Minggu, 05 Februari 2023 | 21:23 WIB
header img
Kirab Budaya Cap Gomeh di Ciamis Berlangsung Meriah, Warga Terhibur dengan Atraksi Barongsai. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.idKirab budaya cap gomeh sebagai puncak perayaan Imlek di Kabupaten Ciamis berlangsung meriah.

Kirab budaya yang diikuti hampir 300 peserta itu dimulai dari Kelenteng Hok Tek Bio Ciamis, Minggu (5/2/2023). Kirab budaya tersebut mengelilingi pusat perkotaan dan berahkhir di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis.

Kirab budaya cap gomeh ini kembali digelar di Ciamis setelah 7 tahun tidak dilaksanakan dengan berbagai alasan dan kendala lainnya.

Puncak perayaan Imlek di Kabupaten Ciamis ini dimeriahkan dengan penampilan barongsai dan naga liong. Atraksi yang diperagakan para pemain barongsai dan naga liong pun mampu menghibur warga yang menonton di sepanjang jalan yang dilalui oleh iring-iringan peserta kirab budaya.

Rohaniwan Konghucu Priangan Timur, Widi Priatno mengatakan, kirab budaya dan ruat bumi ini merupakan bentuk rasa syukur atas segala limpahan berkah dan karunia serta memehon kehidupan selanjutnya untuk lebih baik lagi.

"Makna kirab budaya tentunya adalah rasa syukur kita khususnya umat Konghucu bagaimana kami semua memasuki tahun baru 2574 meninggalkan 2573 dengan selamat dan ini merupakan puncak perayaannyanya," kata Widi.

Ia menuturkan, formasi kirab budaya terdiri dari pembawa bendera merah putih sebanyak 8 orang, liong dan barongsai dari 3 grup yakni Arhanud Semarang, Naga Loreng Genta Suci Ambarawa, dan Lion Dance Tasikmalaya.

"Untuk jumlah semua peserta kurang lebih 300 orang memeriahkan kirab budaya ini, dengan harapan semoga wilayah Tatar Galuh Ciamis semakin maju, makmur, aman, dan sejahtera, serta khususnya segenap pemimpin daerah dalam lindungan Tuhan yang maha esa," tuturnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut