Logo Network
Network

SMKN 1 Ciamis Terapkan Sistem LMS dalam Ujian Akhir Sekolah, Siswa: Lebih Mudah Ketimbang Offline

Muhamad Iqbal
.
Selasa, 06 Desember 2022 | 14:05 WIB
SMKN 1 Ciamis Terapkan Sistem LMS dalam Ujian Akhir Sekolah, Siswa: Lebih Mudah Ketimbang Offline
SMKN 1 Ciamis Terapkan Sistem LMS dalam Ujian Akhir Sekolah, Siswa: Lebih Mudah Ketimbang Offline. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ciamis merupakan salah satu sekolah yang menyelenggarakan ujian sekolah secara daring dengan menggunakan Learning Management System (LMS).

Bidang Kurikukum SMKN 1 Ciamis, Oneng Dalilah mengatakan, pelaksanaan ujian akhir semester 2022-2023 diikuti oleh 1.695 siswa dan dibagi menjadi 3 kloter. Kloter 1 untuk kelas 10, kloter 2 untuk kelas 11, dan kloter 3 untuk kelas 12.

"Untuk sistemnya kita menggunakan online secara keseluruhan, dan dilaksanakan di lab komputer dan ruangan kelas. Untuk yang di ruangan kelas itu menggunakan handphone," kata Oneng, Senin, (5/12/2022).

Lanjut Oneng, pelaksanaan ujian online tersebut sudah mulai diterapkan selama 5 tahun, hanya saja masih menggunakan dua opsi dengan ujian menggunakan kertas. Penerapan ujian berbasis online secara keseluruhan tersebut dikatakan Oneng sudah berjalan selama 3 tahun.

“Alhamdulillah bisa teratasi, mulai dari asalnya cuma 1 tingkat sekarang sudah 3 tingkat menggunakan LMS. Keunggulannya, misalnya kalau ada kendala itu kita bisa langsung atasi di mana kendalanya dan diperbaiki langsung. Lebih simpel intinya," lanjut Oneng.

Menurutnya, dalam mengantisipasi kecurangan siswa agar tidak menyontek, pihak sekolah menerapkan aturan dengan mengacak nomor soal dan meningkatkan pengawasan.

“Kita mengacak nomor soal agar siswa tidak bisa menyontek, disetiap ruangan juga sudah ada pengawasnya," ujarnya.

Salah seorang siswa kelas 11 jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis sekaligus Ketua Osis SMKN 1 Ciamis, Rafly Ahmad, mengatakan, selama proses ujian yang dilaksanakan secara online berjalan lancar.

Ia mengaku, dengan ujian berbasis online ini sangat simpel dan lebih mudah ketimbang secara manual menggunakan kertas.

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini