get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Minggu 28 April 2024

Penerima Bansos di Desa Saguling Ciamis Salah Sasaran, Ini Penjelasan Kades

Kamis, 01 Desember 2022 | 18:41 WIB
header img
Penerima Bansos di Desa Saguling Ciamis Salah Sasaran, Ini Penjelasan Kades. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Penerima bantuan sosial (bansos) di Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, kabupaten Ciamis, ada yang salah sasaran. Dalam pembagian bansos tersebut, terdapat sejumlah warga yang masuk katagori orang mampu mendapatkan bantuan. Bahkan ada warga yang sampai menerima 2 kali bantuan. 

Kondisi tersebut, tidak hanya dikeluhkan oleh warga tapi Kepala Desa (Kades) Saguling, Otong Sutarman. Menurutnya, data penerima bantuan bansos dan bantuan tunai dari pemerintah pusat ada yang kurang tepat sasaran. Hal tersebut seiring ditemukannya data bansos yang malah menyasar orang mampu dan ada sebagian warga menerima lebih dari dua bantuan.

Otong Sutarman mengatakan, sebanyak 470 warga penerima manfaat di Desa Saguling menerima bantuan tunai termasuk warga yang tidak layak menerima bansos atau disebut orang mampu.

"Banyak masyarakat yang datang ke desa ternyata banyak yang sudah mampu dan diartikan tidak layak untuk mendapat bantuan," kata Otong, Rabu (30/11/2022).

Diakui Otong, data penerima manfaat yang menyasar kepada orang mampu tersebut tidak diketahui dan tidak ada konfirmasi oleh desa. Kemudian setelah ditelusuri ternyata data tersebut merupakan data yang sebelumnya terdaftar pada program Sapa Warga.

"Jadi ternyata memang ini datanya dari program Sapa Warga Provinsi Jawa Barat yang dimasukan lagi ke program sekarang BPNT," ujarnya.

Menurut Otong, dari 470 warga penerima manfaat, 90 lebih di antaranya merupakan orang mampu atau tidak layak menerima bantuan. Bahkan dirinya siap untuk membuktikan dengan data yang sebenarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut