get app
inews
Aa Read Next : Mastama STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua: Proses Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kampus

Antusiasme Warga di Ciamis Antre  Pencairan Bansos BPNT Jelang Lebaran

Rabu, 19 April 2023 | 21:39 WIB
header img
Antusiasme Warga di Ciamis Antre  Pencairan Bansos BPNT Jelang Lebaran. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Jelang perayaan Idul Fitri 1444 Hijriyah, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) disalurkan serentak. Seperti yang dilakukan warga Ciamis, nampak puluhan warga penerima manfaat mengantre di ATM Bank Mandiri, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Rabu (19/4/2023) untuk mencairkan bansos dalam bentuk tunai.

Berdasarkan pantauan iNewsCiamisRaya.id, antrean terjadi mulai pukul 07.00 WIB hingga sore warga terus berdatangan. Untuk mencairkan BPNT, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) harus membawa kartu ATM.

Salah seorang Penerima Manfaat, warga Jl. Limus Nunggal, Kelurahan Maleber, Esih R mengatakan, dirinya menerima bansos BPNT dengan nominal Rp400 ribu untuk bulan Maret dan April.

"Barusan ngantre cukup lama karena banyak orang yang mau mencairkan bansos juga, saya tadi sudah ngambil uang dari pencairan bansos BPNT nilainya Rp400 ribu," kata Esih.

Menurutnya, pencairan bansos BPNT disalurkan dalam bentuk tunai tentu membuat warga senang karena bisa dibelikan sesuai kebutuhan. Terlebih pada saat ini menjelang lebaran.

 

"Alhamdulillah seneng, berhubung menjelang lebaran, uangnya saya akan belikan juga kebutuhan pokok menjelang lebaran," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Sosial Keluarga Miskin, Kepahlawanan, Keperintisan dan Komunitas Adat, Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Rinto mengatakan, sedikitnya ada 6.375 KPM disalurkan melalui PT Pos untuk tahap bulan April dan Juni dan 183.334 KPM disalurkan melalui Bank Mandiri untuk tahap bulan Maret dan April dengan nominal Rp200 ribu per bulan untuk BPNT, sedangkan Bansos PKH sesuai komponen KPM.

"Bansos ini kami salurkan dalam bentuk tunai melalui PT Pos dan Bank Mandiri, setelah KPM menerima uang tersebut kami menyerahkan kepada masing-masing KPM untuk dibelikan sesuai dengan kebutuhannya. Namun pada dasarnya bantuan ini dalam rangka bantuan program sembako," kata Rinto.

Rinto menambahkan, BPNT disalurkan menjelang lebaran tentu setidaknya dapat meringankan beban KPM untuk menunjang kebutuhan pokok menjelang lebaran.

"Mudah-mudahan penyaluran bansos diberikan secara tunai ini dapat menunjang kebutuhan pokok menjelang lebaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing KPM," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut