get app
inews
Aa Read Next : Tersangka Kasus Judi Online Senilai Rp356 Miliar Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

Gebyar Muharram Sambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah di Kampung Cikacang Sukamulya Ciamis

Sabtu, 13 Juli 2024 | 17:41 WIB
header img
Gebyar Muharram sambut tahun baru Islam 1446 Hijriah di kampung Cikacang Sukamulya Ciamis. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Dalam rangka menyambut tahun baru 1446 Hijriah di Kampung Cikacang Desa Sukamulya, Baregbeg, Ciamis berlangsung “Gebyar Muharram” selama dua hari dua malam, Sabtu-Minggu (13-14/7/2024).

Dua hari dua malam “Gebyar Muharram” yang berlangsung di rest area lapangan voli ABN (Alam Baja Nusantara) di Kampung Cikacang tersebut digelar oleh komunitas Remaja Peduli Kampung Halaman (Replika) Desa Sukamulya.

“Dua hari dua malam kegiatan Gebyar Muharram tahun ini dimulai sejak tadi pagi. Diawali dengan gerak jalan santai, peserta sekitar 2.000 orang tidak hanya orang dewasa, pemuda, remaja tetapi juga anak-anak,” ujar H Abun Bunyamin, Presiden Replika kepada iNewsCiamisRaya.id dan wartawan lainnya, Sabtu (13/7/2024).

Gerak jalan santai yang diikuti warga Desa Sukamulya dan sekitarnya tersebut menempuh jarak sekitar 2,5 km dengan start di halaman Balai Desa Sukamulya dan finish di Rest Area Lapangan Voli ABN Kampung Cikacang.

Kegiatan jalan santai tersebut berlanjut dengan berbagai lomba dan penampilan anak-anak madrasah, TK/PAUD yang ada di Desa Sukamulya. Termasuk penampilan Dai cilik. Serta diselang-selingi pembagian doorprize bagi peserta jalan santai.

“Kegiatan siang ini yang sedang berlangsung adalah penampilan anak-anak madrasah, TK dan PAUD yang ada di Sukamulya. Ini adalah investasi masa depan, memberi panggung bagi anak-anak untuk berani tampil sejak dini hingga nanti bila diminta tampil  tidak mengalami demam panggung lagi. Karena sudah terbiasa dan berani,” katanya.

Sabtu (13/7/2024) malamnya berlanjut dengan kegiatan tabligh akbar dan pemberian santunan untuk 136 anak yatim serta pemberian beasiswa bagi 200 orang anak-anak warga Sukamulya yang kini menjadi santri di berbagai pondok pesantren baik di Ciamis maupun di luar Ciamis.

“Untuk hari besok (Minggu, 14/7/2024) pagi hari kegiatan Gebyar Muharram diawali dengan sunatan massal. Tempatnya masih di rest area (ABN), tenda sudah disiapkan termasuk 4 ruangan untuk lokasi operasi sunatan. Juga ada pengobatan gratis bekerja sama dengan RSDK menghadirkan 2 orang dokter,” imbuh H Abun.

Pada Gebyar Muharram tahun 2024 ini menurut H Abun, ada 126 anak yang akan mengikuti sunatan massal. Mereka tidak hanya berasal dari Sukamulya saja tetapi juga dari berbagai daerah di Ciamis tetapi juga dari Sodonghilir maupun Cilacap. “Warga Sukamulya yang menikah dengan orang Cilacap atau Tasikmalaya, pulang kampung bawa anaknya untuk ikut sunatan massal. Selama 37 tahun Gebyar Muharram di gelar di Desa Sukamulya, tahun ini jumlah peserta sunatan massalnya paling banyak, yakni 126 anak. Tahun lalu baru 100 orang, itupun 4 orang batal karena tidak hadir,” imbuhnya.

Selain sunatan massal, pengobatan gratis juga dilaksanakan aksi sosial donor darah yang bekerjasama dengan PMI Ciamis. Dan malam harinya, Minggu (14/7/2024) Gebyar Muharram ditutup dengan acara hiburan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut