get app
inews
Aa Read Next : Tertimpa Pohon Tumbang, Atap Rumah Warga di Ciamis Nyaris Ambruk

Tradisi Ngubyak di Situ Lengkong Dusun Dukuh Panjalu, 1,5 Ton Berbagai Jenis Ikan Dilepas

Senin, 22 Juli 2024 | 08:45 WIB
header img
Tradisi ngubyak di Situ Lengkong dusun dukuh Panjalu, 1,5 ton berbagai jenis ikan dilepas. Foto: Istimewa/Warga Cidin Simpar

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Sekitar 150 orang warga turun berbasah-basah menangkap ikan di Situ Lengkong Blok Dusun Dukuh RT 36 RW 16 Desa/Kecamatan Panjalu, Ciamis, Minggu (21/7/2024).

Tradisi ngubyak bagian dari memeriahkan Gebyar Muharram Tahun Baru Islam 1446 Hijriah tersebut berlangsung sepanjang hari mulai pukul 07.00 pagi sampai sore WIB.

“Persiapan kegiatan ngubyak di situ (Lengkong) ini sudah sejak 2 tahun lalu. Total ada sekitar 1,5 ton berbagai jenis ikan baik berupa benih maupun  ikan yang sudah besar dilepas ke situ di Blok Dukuh ini. Sekarang saat nya panen, diubyak ramai-ramai oleh warga,” ujar Kepala Dusun (Kadus) Dukuh Desa Panjalu, Tatang Karsono kepada iNewsCiamisRaya.id, Minggu (21/7/2024).

Ratusan warga yang berdatangan ke lokasi Situ Lengkong di Blok Dukuh tersebut boleh menggunakan berbagai macam alat untuk menangkap ikan. Baik itu berupa jala, sair maupun anco boleh digunakan untuk menangkap ikan. Dan pakai perahu tentunya.

 Kalau pakai tangan kosong cukup sulit karena genangan air situ masih cukup dalam.

“Yang beruntung banyak yang dapat. Tapi ada juga yang tidak dapat sama sekali,” kataya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut