get app
inews
Aa Read Next : 9 Ritual Nyeleneh di Dunia, Ada Mayat Berjalan dari Indonesia

Menyambut Tahun Baru Islam, Ini 10 Tradisi Unik Masyarakat di Indonesia

Selasa, 18 Juli 2023 | 10:03 WIB
header img
Ilustrasi. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah 10 tradisi unik masyarakat di Indonesia dalam menyambut Tahun Baru Islam, menarik untuk disimak. Seperti diketahui, dalam rangka menyambut 1 Muharram atau Tahun Baru Islam masyarakat di berbagai daerah melakukan peringatan yang berbeda-beda.

Tradisi unik ini menjadikan ikatan yang kuat bagi umat Islam di seluruh wilayah di Indonesia. Peringatan tahun baru Islam 1 Muharram ini, masyarakat merayakan dengan penuh suka cita dan bisa berkumpul bersama.

Dilansir dari berbagai sumber pada, Senin (17/07/23), berikut 10 tradisi unik masyarakat di Indonesia dalam menyambut tahun baru Islam.

Tradisi Unik Masyarakat di Indonesia Menyambut Tahun Baru Islam

1. Mabit Bersama

Sebagian besar masyarakat Indonesia melaksanakan mabit (malam bina taqwa) atau tradisi bermalam bersama di masjid.

Mereka mengisi kegiatan mabit dengan membaca al-quran, ceramah agama, atau bermunajat kepada Allah SWT. Tradisi ini menciptakan suasana kebersamaan dalam reff refleksikan diri.

2. Grebeg Suro

Grebeg Suro menjadi tradisi rutin masyarakat Ponorogo, Jawa Timur menyambut tahun baru Islam. Pada tradisi ini masyarakat Ponorogo mengadakan berbagai acara kesenian seperti reog dan pawai. Tidak lupa memanjatkan doa pada malam hari untuk tahun yang lebih baik.

3. Bubur Suro

Pada saat perayaan Tahun Baru Islam, masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya membuat bubur yang terbuat dari beras, santan, garam, jahe, dan sereh. Bubur ini dikenal dengan nama bubur merah putih atau bubur suro yang disajikan terpisah. Bubur akan dihiasi dengan berbagai topping antara lain serpihan jeruk bali, butiran delima, dan 7 jenis kacang-kacangan. Biasanya bubur ini dibuat pada 10 Muharram dan dibawa ke masjid.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut