get app
inews
Aa Read Next : LTIQ As-Syifa Wisuda 141 Hafiz dan Hafizah, Gelar Doa Bersama untuk Palestina

Sektor Wisata Berikan Dampak Multiplier Effect Terhadap Ekonomi Jawa Barat

Minggu, 30 Juni 2024 | 19:40 WIB
header img
Sektor wisata berikan dampak multiplier effect terhadap ekonomi Jawa Barat. Foto: Istimewa

Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar, mengatakan pariwisata berdampak besar pada ekonomi daerah, mensejahterakan segala lini masyarakat, pelaku UKM hingga pekerja seni, serta potensi devisa negara.

“Untuk mendukung perkembangan sektor pariwisata, dibutuhkan kolaborasi antar Pemerintah Daerah serta pelaku usaha, untuk mengembangkan kapabilitas daerah dalam eksplorasi wilayah, melakukan perancangan, dan strategi pemasaran,” ungkap Benny.

Dewan Penasihat GIPI Jawa Barat Hilawan Saleh juga mengatakan kegiatan kolaborasi dan sinergi untuk pengembangan pariwisata ini perlu terus digiatkan guna mendukung optimalisasi dan pengembangan sektor pariwisata sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Beberapa insight yang dihasilkan dari Talkshow WJTT Vol.2, Hilwan mengakui bahwa daerah perlu mengenali keunikan dan ciri khas daerah yang selanjutnya dapat dikemas.

"Kemudian dapat dikenalkan juga dan dipromosikan dengan baik kepada publik," tuturnya.

Sementara itu, Akademisi STP NHI Djoni Sofyan Iskandar menekankan telah terjadi pergeseran paradigma tingkat kepuasan wisatawan, dimana tidak hanya pelayanan, tapi juga pengalaman.

"Selain itu, perlu implementasi teknologi digital dalam memajukan pariwisata seperti website, marketplace, media sosial dan media massa," paparnya.

Influencer Pariwisata Ahmad Renaldi juga menekankan bahwa tren pariwisata saat ini adalah pariwisata yang dapat dinikmati dalam satu hari (one day tourism).

"Jawa Barat harus lebih gencar mempromosikan pariwisata daerah secara konsisten dan kontinyu," terangnya.

Sementara Pelaku Usaha Pariwisata Desa Hanjeli, Asep Hidayat menggarisbawahi bahwa untuk membangun desa wisata diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kepedulian terhadap potensi daerahnya.

"Untuk membangun desa wisata kita harus memiliki komitmen dan bersinergi, karena tentu memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kepedulian terhadap potensi daerah," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut