get app
inews
Aa Read Next : Musim Kemarau, Warga Kota Banjar Tunggu Kemunculan Tank Baja Peninggalan Belanda di Sungai Citanduy

Pesona Bendungan Leuwikeris, Destinasi Wisata di Ciamis dengan Pemandangan Alam yang Indah

Selasa, 10 September 2024 | 18:35 WIB
header img
Pesona Bendungan Leuwikeris, destinasi wisata di Ciamis dengan pemandangan alam yang indah. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Bendungan Leuwikeris yang mulai dibangun tahun 2016 lalu, sudah diresmikan penggunaannya oleh Presiden RI, Joko Widodo, Kamis (29/8/2024) lalu.

Bangunan bendungan yang menghabiskan anggaran sekitar Rp3,5 T tersebut berada di alur Sungai Citanduy yang merupakan batas alam Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya.

Sejak dimulainya penggenangan Bendungan Leuwikeris, Kamis (15/8/2024) dan setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi, Kamis (29/8/2024) kawasan Bendungan Leuwikeris semakin ramai dikunjungi warga. Hampir setiap hari terlebih hari libur, Bendungan Leuwikeris selalu ramai pengunjung.

"Setiap hari banyak yang berkunjung ke Spot Raden Patih Dusun Guha ini. Hari biasa sampai 500 orang pengunjung. Hari libur Sabtu atau Minggu bisa seribu pengunjung bahkan lebih. Makin kesini pengunjung makin ramai," ujar Jujang, pengelola saung gawir di Spot Raden Patih, Dusun Guha Desa Handapherang Cijeungjing Ciamis kepada iNewsCiamisRaya.id, Selasa (10/9/2024).

Sejak dimulainya penggenangan Bendungan Leuwikeris, lokasi-lokasi objek wisata spot untuk menikmati keindahan view Bendungan Leuwikeris di Desa Ciharalang, Desa Handapherang dan Kelurahan Cigembor bermunculan.

Seperti Spot Manohara dan Cibungureun merupakan sisi gawir tebing Sungai Citanduy yang paling dekat dengan bangunan Bendungan Leuwikeris.

Berikut spot Raden Patih di Dusun Guha Desa Handapherang, maupun Spot Sayang Kaak di Dusun Cikatomas Desa Handapherang dengan areal camping (camping ground) yang menyediakan tenda-tenda untuk kemping sembari menikmati keindahan dan semilir angin Bendungan Leuwikeris.

Spot terjauh adalah Spot Karanghantu Lingkungan Sinarmawar Kelurahan Cigembor sekitar 3 km dari Jl Lingkar Selatan plus jalan setapak.

Spot Karanghantu ini merupakan ujung genangan Bendungan Leuwikeris, tak hanya tempat yang tepat untuk menikmati keindahan genangan tetapi juga menyaksikan bangunan bendungan dari kejauhan.

Ada camping ground, buat yang suka petualangan dengan menelusuri jalan setapak ke muara Sungai Cipalih ada semacam spot amazon suasana lembah muara pertemuan Sungai Cipalih dengan Sungai Citanduy yang masih alami jarang dikunjungi orang.

"Memang banyak pilihan spot untuk menikmati keindahan Leuwikeris," ungkap Jujang.

Seperti kehadiran pengunjung ke Spot Raden Patih Dusun Guha, menurut Jujang tak sekedar menikmati keindahan genangan dan Bendungan Leuwikeris maupun berfoto selfie. Tak sedikit pula yang botram  bersama keluarga maupun rombongan. 

Bagi yang tidak sempat membawa makanan dan minuman, di lokasi sudah bermunculan warung warung sederhana yang menyediakan makan dan minuman. Termasuk kuliner rumahan seperti nasi timbel dengan berbagai lauk pauknya seperti bala -bala maupun ikan nilem yang digoreng dadakan. Ada sambal tolenjeng uce (uyah cengek) serba dadakan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut