get app
inews
Aa Read Next : Harga Cabai Merah Lokal dan Tomat di Pasar Manis Ciamis Turun Drastis

Unik, 11 Desa di Indonesia Ini Berasal dari Nama Sayuran

Sabtu, 15 Juni 2024 | 09:04 WIB
header img
Salah satu desa di Indonesia yang berasal dari nama sayuran yaitu Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah. Foto: YouTube/Krishna Bayu Surya Alam

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Ada beberapa wilayah di Indonesia yang terkenal berkat namanya yang mirip dengan sayur mayur. Selain itu, juga dikenal karena kesuburan tanahnya yang memungkinkan berbagai jenis sayuran untuk tumbuh subur di wilayah tersebut.

Penasaran? Berikut rangkuman 11 daerah di Indonesia yang memiliki nama yang berasal dari nama sayuran.

Desa di Indonesia Berasal dari Nama Sayuran

1. Kacang

Di wilayah Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, terdapat sebuah desa yang bernama Desa Kacang. Istilah "kacang" memang sering dipakai untuk menyebut biji sejumlah tumbuhan dari keluarga polong-polongan atau Fabaceae. Nama desa ini menarik karena menggunakan nama tumbuhan yang umum dikenal di Indonesia.

2. Kangkung

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia. Keberadaan kangkung tidak hanya sebatas di pasar atau warung sayur, tetapi juga sering ditanam di pekarangan rumah serta mudah dimasak dan tentunya enak rasanya.

Selain sebagai nama sayuran, ternyata kangkung juga merupakan nama kecamatan dan desa di Kabupaten Kendal dan sebuah desa di Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah. Selain itu, kangkung juga ditemukan untuk nama sebuah desa di Kecamatan Semendawai Barat, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan.

3. Jengkol

Jengkol adalah tanaman dari keluarga polong-polongan. Meskipun terkenal dengan baunya yang kuat dan tidak sedap, jengkol tetap menjadi favorit kuliner bagi sebagian masyarakat karena rasanya yang unik dan lezat. Bahkan menjadi kuliner khas sebuah wilayah.

Selain dikenal sebagai sayuran dengan bau yang khas, jengkol juga menjadi nama sebuah desa di Indonesia. Desa Jengkol berada di Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut