get app
inews
Aa Read Next : Turun Drastis, Harga Cabai di Tingkat Petani di Ciamis

Unik, 11 Desa di Indonesia Ini Berasal dari Nama Sayuran

Sabtu, 15 Juni 2024 | 09:04 WIB
header img
Salah satu desa di Indonesia yang berasal dari nama sayuran yaitu Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah. Foto: YouTube/Krishna Bayu Surya Alam

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Ada beberapa wilayah di Indonesia yang terkenal berkat namanya yang mirip dengan sayur mayur. Selain itu, juga dikenal karena kesuburan tanahnya yang memungkinkan berbagai jenis sayuran untuk tumbuh subur di wilayah tersebut.

Penasaran? Berikut rangkuman 11 daerah di Indonesia yang memiliki nama yang berasal dari nama sayuran.

Desa di Indonesia Berasal dari Nama Sayuran

1. Kacang

Di wilayah Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, terdapat sebuah desa yang bernama Desa Kacang. Istilah "kacang" memang sering dipakai untuk menyebut biji sejumlah tumbuhan dari keluarga polong-polongan atau Fabaceae. Nama desa ini menarik karena menggunakan nama tumbuhan yang umum dikenal di Indonesia.

2. Kangkung

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia. Keberadaan kangkung tidak hanya sebatas di pasar atau warung sayur, tetapi juga sering ditanam di pekarangan rumah serta mudah dimasak dan tentunya enak rasanya.

Selain sebagai nama sayuran, ternyata kangkung juga merupakan nama kecamatan dan desa di Kabupaten Kendal dan sebuah desa di Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah. Selain itu, kangkung juga ditemukan untuk nama sebuah desa di Kecamatan Semendawai Barat, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan.

3. Jengkol

Jengkol adalah tanaman dari keluarga polong-polongan. Meskipun terkenal dengan baunya yang kuat dan tidak sedap, jengkol tetap menjadi favorit kuliner bagi sebagian masyarakat karena rasanya yang unik dan lezat. Bahkan menjadi kuliner khas sebuah wilayah.

Selain dikenal sebagai sayuran dengan bau yang khas, jengkol juga menjadi nama sebuah desa di Indonesia. Desa Jengkol berada di Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

4. Terong

Sayuran asal India ini banyak digunakan untuk makanan khas serta lalapan di berbagai daerah. Terong juga dikenal sebagai sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, terlepas dari itu, Terong pun dikenal sebagai nama desa di Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

5. Pare

Pare merupakan sayuran yang terkenal dengan rasanya yang pahit. Pare kerap disandingkan dengan kuliner Siomay atau dikombinasikan dengan sayuran lainnya. Siapa sangka jika Pare digunakan untuk nama desa di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang dikenal dengan Kampung Inggris.

6. Bawang

Bawang merupakan salah satu bumbu masak yang menjadi kunci kelezatan sebuah masakan. Bahkan, Bawang kabarnya sudah digunakan ribuan tahun lalu. Bawang juga ternyata digunakan sebagai nama dari sebuah kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

7. Bayam

Bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang kaya akan zat besi. Sayuran Bayam kian dikenal karena kartun Popeye, yang menunjukan bahwa memakan bayam bisa membuat kita menjadi kuat. Terlepas dari itu, Bayam pun digunakan sebagai nama desa di Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

8. Jagung

Jagung adalah tumbuhan yang kaya akan karbohidrat. Jagung juga kerap digunakan untuk campuran berbagai masakan. Selain itu, Jagung juga ternyata digunakan sebagai nama sebuah desa di Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

9. Labu

Tumbuhan yang berasal dari benua Amerika yakni Labu, banyak ditemui juga di Indonesia. Biasanya, labu banyak ditemui di tempat-tempat yang memiliki iklim hangat. Labu rupanya juga dijadikan salah satu nama desa di Kecamatan Puding Besar, Pulau Bangka, Bangka Belitung.

10. Semanggi

Tak banyak yang tahu bahwa semanggi merupakan sekelompok paku air dari Marga Marsilea. Semanggi banyak ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran Irigasi. Nama Semanggi sendiri dijadikan sebuah nama kelurahan di Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah.

11. Kemangi

Kemangi adalah sebuah tumbuhan yang daunnya dapat dikonsumsi sebagai lalap. Kemangi memiliki wangi yang khas dan daunnya yang lembut. Terlepas dari itu, Kemangi ternyata dijadikan nama sebuah desa di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "11 Desa di Indonesia yang Ternyata Berasal dari Nama Sayuran"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut