get app
inews
Aa Read Next : 7 Dosa yang Menghalangi Seseorang Masuk Surga, Waspada dan Tinggalkan!

Lakukan 5 Amalan Ini, Bisa Membuat Rumah Menjadi Surga Dunia

Rabu, 29 Mei 2024 | 15:12 WIB
header img
Amalan yang bisa membuat rumah menjadi surga dunia. Foto: Ilustrasi/Freepik

4. Hidupkan rumah dengan Al Qur’an

Bacaan Al Qur’an akan ditakuti setan dan mengusir mereka. Jika di dalam suatu rumah sering terdengar bacaan Al Qur’an, maka syaithan akan kesulitan memasuki rumah tersebut. Selain itu, bacaan Al Qur’an akan mengundang para malaikat yang akan menaungi dan melindungi hingga menjadi benteng dari setan ini.

Dikisahkan dalam sebuah hadits, dari Al Bara’az, ia berkisah, “Terdapat seorang pria membaca surat Al Kahfi sementara di sisinya ada seekor kuda yang diikat dengan dua tali. Lalu orang itu diliputi awan yang mendekat dan makin mendekat. Hingga kudanya lari karena terkejut. Saat pagi hari, ia mendatangi Rasulullah dan mengisahkan kejadian yang dialaminya. Rasulullah pun bersabda, “Itu adalah as sakinah yang turun dengan Al Qur’an.” (HR. Bukhari).

Imam Nawawi menjelaskan tentang “As Sakinah” sebagai suatu makhluk yang di dalamnya terdapat thuma’ninah (ketenangan), rahmah (kasih sayang), dan bersamanya terdapat malaikat.

5. Mendirikan salat sunnah di rumah

Setan enggan memasuki rumah yang didalamnya sering terdengar asma Allah. Caranya, jadikan rumah sebagai tempat melaksanakan salat. Bagi pria, salat sunnah di rumah selain salat wajib di masjid sangat penting. Sedangkan para wanita salatlah di rumah baik wajib maupun sunnah.

Rasulullah bersabda, “Semestinya bagi kalian untuk mengerjakan shalat di rumah-rumah kalian karena sebaik-baik salat seseorang adalah di rumahnya terkecuali salat wajib.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Wallahu A'lam

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews dengan judul "5 Amalan yang Bisa Membuat Rumah Menjadi Surga Dunia"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut