get app
inews
Aa Read Next : 7 Dosa yang Menghalangi Seseorang Masuk Surga, Waspada dan Tinggalkan!

Lakukan 5 Amalan Ini, Bisa Membuat Rumah Menjadi Surga Dunia

Rabu, 29 Mei 2024 | 15:12 WIB
header img
Amalan yang bisa membuat rumah menjadi surga dunia. Foto: Ilustrasi/Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Setiap keluarga Muslim tentu menginginkan rumahnya menjadi surga dunia, tempat yang penuh dengan kedamaian, kebahagiaan, dan keberkahan.

Untuk mewujudkan konsep "rumah surga" atau baiti jannati, diperlukan usaha bersama seluruh anggota keluarga untuk menciptakan lingkungan yang harmonis, nyaman, dan penuh berkah. Lantas, bagaimana cara mewujudkannya?

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah” (HR. Muslim).

Maksud dari hadis ini adalah meramaikan rumah janganlah dengan hal-hal yang tidak baik, tetapi ramaikanlah isi rumah dengan lantunan ayat- ayat suci Al-Quran

Rumah yang tidak dibacakan ayat suci Al-Quran di dalamnya bagaikan kuburan. Menghidupkan rumah dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membentuk konsep baiti jannati atau rumah sebagai surga dunia.

Untuk membangun konsep baiti jannati dan menjaga rumah dari gangguan setan, selain membaca Al-Quran, ada beberapa yang dapat dilakukan. Berikut ini cara membentengi rumah yang dirangkum dari berbagai sumber.

Amalan yang Bisa Membuat Rumah Menjadi Surga Dunia

1. Membiasakan mengucap salam dan berzikir saat masuk rumah

Allah Ta'ala berfirman,

“.......Apabila kalian masuk ke rumah-rumah maka ucapkanlah salam (kepada penghuninya) kepada diri-diri kalian sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberkahi lagi baik.....” (QS. An Nur: 61).

Menurut Imam An Nawawi, seorang hendaknya membaca basmalah, mengucapkan salam, dan membaca dzikir kepada Allah saat memasuki rumah mereka, ataupun rumah orang lain. Hal tersebut juga dilakukan meski rumah tengah kosong atau tak ada penghuni saat memasukinya.

Rasulullah bersabda, “Ada tiga golongan yang mereka berada dalam jaminan (penjagaan) Allah…. (Ketiga) yakni seseorang masuk ke rumahnya dengan mengucapkan salam, maka ia berada dalam jaminan Allah,” (HR. Abu Dawud).

Menurut Ibnu Al ‘Arabi, jika rumah kosong, maka seorang hendaknya mengucapkan “Assalamu’alaina wa ‘ala ibadillahish-shalihin” (Semoga keselamatan untuk kami dan untuk para hamba Allah yang saleh). Jika saat memasuki rumah ada orang di dalamnya, maka ucapkan “Assalamu’alaikum.” Adapun zikir kepada Allah yang dibaca saat memasuki rumah yakni “Masya Allah laa quwwata illa billah”. Imam Malik menganjurkan zikir tersebut dibaca setiap memasuki rumah.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut