get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Banjar Imbau Warung Nasi Tidak Berjualan Siang Hari saat Bulan Ramadan 1445 H

Tradisi Menyambut Bulan Ramadan di Berbagai Daerah di Tanah Air

Minggu, 10 Maret 2024 | 13:28 WIB
header img
Salah satu tradisi menyambut bulan Ramadan yaitu Tradisi Dugderan. Foto: okezone

8. Tradisi Nyadran

Tradisi nyadran ini biasa dilakukan masyarakat Solo. Makna Tradisi Nyadran Sebelum Puasa, merupakan tradisi masyarakat Solo (juga dilakukan di daerah lain seperti: Boyolali) untuk menyambut Ramadan. Menurut Bakdi Soemanto dalam buku Belajar Bela Rasa (2011: 163). Makna nyadran adalah keluarga besar mengunjungi 3 makam-makam tempat para leluhur dikebumikan. Mereka, para anggota keluarga besar itu, berjongkok atau duduk bersila di depan makam setiap leluhur untuk mendoakan agar yang sudah wafat diampuni oleh Sang Maha Pencipta.

9. Tradisi Pisowanan

Tradisi yang biasa dilakukan oleh warga Banyumas, Jawa Tengah ini diartikan dengan ungkapan menghadap sesepuh. Ritual dari tradisi Pisowanan ini adalah berziarah ke makam tokoh besar/agama di Banyumas. Selain itu, sejumlah makanan juga disediakan yang kemudian dibagi-bagikan kepada peserta ziarah. Tujuan dari tradisi ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi warga Banyumas di saat menjelang Ramadan.

10. Tradisi Munggahan

Munggahan menjadi salah satu kebiasaan unik yang dilakukan oleh masyarakat tanah air sebagai bentuk kebahagiaan karena dipertemukan lagi dengan bulan yang penuh berkah. Berkumpul bersama keluarga besar, sahabat atau membersihkan rumah serta mempersiapkan menu spesial untuk sahur di hari pertama puasa. Selain unik kebiasaan seperti ini tentunya bisa mempererat tali silaturahmi.

Wallahu A'lam

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews dengan judul "Ragam Tradisi di Daerah dalam Menyambut Bulan Ramadan"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut