get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Banjar Imbau Warung Nasi Tidak Berjualan Siang Hari saat Bulan Ramadan 1445 H

Tradisi Menyambut Bulan Ramadan di Berbagai Daerah di Tanah Air

Minggu, 10 Maret 2024 | 13:28 WIB
header img
Salah satu tradisi menyambut bulan Ramadan yaitu Tradisi Dugderan. Foto: okezone

4. Tradisi Pesta Jalur Pacu

Tradisi "Pacu Jalur" salah satu tradisi budaya yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Tradisi ini merupakan pesta lomba dayung perahu yang diadakan setiap tahun oleh masyarakat setempat sebelum bulan Ramadan dimulai.

Acara Pacu Jalur biasanya ditutup dengan ritual Balimau Kasai (bersuci), di mana peserta dan penonton bersama-sama melakukan prosesi mandi atau bersuci. Ritual ini memiliki makna spiritual untuk membersihkan diri dari dosa-dosa dan kesalahan sebelum memasuki bulan Ramadan yang suci.

5. Tradisi Sembelih Kerbau

Tradisi "Meugang" adalah salah satu tradisi yang populer di Aceh menjelang bulan Ramadan. Tradisi ini melakukan penyembelihan kerbau yang dibeli secara patungan. Setelah penyembelihan, daging kerbau tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat, termasuk fakir miskin, agar semua orang bisa menikmati kebersamaan ini sebelum memasuki bulan Ramadan.

6. Tradisi Makan Kue Apem

Di Surabaya ada tradisi memakan kue apem. Nama “apem” dipercaya berasal dari kata “afwan” dalam bahasa Arab yang artinya maaf. Secara simbolis makan kue ini bisa diartikan mohon maaf kepada keluarga, sanak saudara, handai tolan, tetangga, kerabat dan teman. Setelah makan apem, biasanya bersalam-salaman saling minta maaf dan melanjutkan acara tahlilan.

7. Tradisi Perlon Unggahan

Di Banyumas ada tradisi yang disebut ‘Perlon Unggahan’. Berbagai makanan tersedia, tapi yang tidak boleh absen adalah nasi bungkus, serundeng sapi, dan sayur becek. Serundeng sapi dan sayur becek harus disiapkan laki-laki dan jumlah mereka harus 12 orang, karena banyaknya kambing dan sapi yang disembelih.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut