get app
inews
Aa Read Next : Puluhan KPPS di Kota Banjar Jatuh Sakit Usai Pencoblosan Pemilu 2024, Ini Penyebabnya

5 Makanan Terbaik untuk Penderita Hipertensi, Dapat Membantu Stabilkan Tekanan Darah

Rabu, 21 Februari 2024 | 09:39 WIB
header img
Makanan terbaik untuk penderita hipertensi, dapat membantu stabilkan tekanan darah. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.idDarah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis dimana tekanan darah dalam arteri meningkat dan merupakan salah satu penyakit yang berisiko. Saat tekanan darah tidak terkontrol, maka lambat laun dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh. Bukan hanya itu saja, darah tinggi juga menyebabkan risiko penyakit gagal ginjal, jantung, hingga stroke.

Mengatur asupan makanan yang dikonsumsi merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga tekanan darah. Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya mampu menjaga tekanan darah karena memiliki kandungan nutrisi tertentu.

Disarankan untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi yang kaya potasium dan magnesium. Karena dua kandungan ini memainkan peran penting dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Berikut adalah rangkuman informasi mengenai makanan terbaik untuk tekanan darah tinggi yang dilansir dari Pinkvilla.

Makanan Terbaik untuk Penderita Hipertensi

1. Brokoli


 

Brokoli mengandung berbagai zat alami yang bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah dan tekanan darah. Flavonoid dan antioksidan dalam brokoli dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, sedangkan nitratnya dapat membantu mengendurkan pembuluh darah. 

Dengan mengonsumsi brokoli secara teratur, Anda dapat membantu menurunkan fluktuasi tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Jadi, memasukkan brokoli ke dalam pola makan Anda dapat memberikan manfaat yang baik untuk menjaga tekanan darah tetap stabil dibandingkan tidak mengonsumsinya sama sekali.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut