get app
inews
Aa
Read Next : 5 Makanan Terbaik untuk Penderita Hipertensi, Dapat Membantu Stabilkan Tekanan Darah

Ini Perbedaan Pusing Akibat Hipertensi dengan Masuk Angin, Jangan Disepelekan!

Rabu, 25 Januari 2023 | 09:38 WIB
header img
Perbedaan Pusing Akibat Hipertensi dengan Masuk Angin. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.idPusing sering dialami banyak orang dan keadaan ini akan mengganggu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Gejala pusing tidak boleh disepelekan, apalagi bagi orang dengan riwayat hipertensi seperti yang dialami Indra Bekti. Terlebih jika rasa pusing ini tak kunjung sembuh dalam beberapa hari.

Pusing karena hipertensi jangan sampai disalahartikan dan dianggap sepele sebagai pusing karena hanya masuk angin.

Ada perbedaan pusing akibat hipertensi dengan pusing akibat masuk angin. Dilansir dari Medanta, berikut penjelasannya.

Perbedaan Pusing Akibat Hipertensi dengan Masuk Angin

1. Pusing akibat hipertensi

Biasanya terjadi secara mendadak. Tak hanya itu, gejala lainnya yang menyertai adalah tubuh terasa tak seimbang. Gejala ini terjadi karena kurangnya pasokan oksigen ke otak. Jika pusingnya tidak hilang dalam beberapa hari, maka segera hubungi dokter pribadi.

Selain pusing, hipertensi juga biasanya ditandai dengan gejala lain seperti pandangan jadi mudah berkabut. Tekanan darah tinggi jangka panjang dapat menekan aliran darah dan merusak pembuluh darah.

Gegara kondisi itu, cairan akan menumpuk di bawah retina, membuat seseorang jadi kehilangan fokus saat melihat. Pada kasus yang serius, penglihatan bisa benar-benar hilang karena hipertensi yang tidak terkendali.

Gejala lain yang perlu diperhatikan adalah 'brain fog'. Orang dengan hipertensi mengalami kondisi sakit kepala kronis ringan yang kerap disebut juga dengan 'brain fog'.

Dijelaskan dr. Sanja, ini merupakan kondisi yang terjadi ketika pasokan oksigen ke otak buruk atau tersumbat, yang menyebabkan orang jadi gampang lupa, masalah dengan konsentrasi, memori, atau susah memahami sesuatu.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut