get app
inews
Aa Read Next : 5 Makanan Terbaik untuk Penderita Hipertensi, Dapat Membantu Stabilkan Tekanan Darah

Manfaat dan Efek Samping Minum Air Kelapa, Hati-Hati Bagi Penderita Ginjal

Jum'at, 24 November 2023 | 14:30 WIB
header img
Manfaat dan efek samping minum air kelapa. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.idAir kelapa merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan elektrolit dan nutrisi dalam air kelapa bermanfaat bagi kesehatan kulit, pencernaan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Kandungan elektrolitnya membantu menggantikan cairan dan garam yang hilang akibat berkeringat, sehingga sangat cocok diminum saat suhu tinggi atau setelah beraktivitas fisik. Selain itu, air kelapa juga rendah kalori dan lemak, sehingga aman dikonsumsi kapan saja selama tidak berlebihan.

Sebuah studi pada 2015 yang dirilis di US National Library Of Medicine menunjukkan bahwa minum air kelapa memiliki potensi untuk menurunkan kadar gula darah pada tikus penderita diabetes. Ini juga dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia, terutama dalam mengatur kadar gula darah.

Manfaat Minum Air Kelapa

1. Pengaturan tekanan darah

Air kelapa mengandung potasiumnya yang tinggi, yang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh. Keseimbangan elektrolit ini dapat berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah, terutama pada penderita hipertensi.

2. Kesehatan kulit

Air kelapa merupakan sumber cairan yang baik dan dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kandungan antioksidan, vitamin C, dan E dalam air kelapa dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Dengan demikian, konsumsi air kelapa dapat memberikan manfaat bagi kulit, membantu mengurangi garis halus dan kerutan, serta menjaga kelembaban kulit.

“Ini juga mengandung vitamin C dan E, yang penting untuk kesehatan kulit,” kata Vasudevan kepada Health Shots.

3. Pencegahan batu ginjal

Dokter akan menyarankan Anda untuk minum banyak air untuk mencegah batu ginjal. Minum juga air kelapa karena dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urin dan mengencerkan konsentrasi mineral yang dapat membentuk batu. Tapi, tidak berlebihan.

4. Pencernaan

Air kelapa diketahui memiliki serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Ini juga mengandung enzim yang dapat membantu memecah makanan yang Anda makan.

5. Keseimbangan elektrolit

Air kelapa mengandung potasium, natrium, dan magnesium yang merupakan elektrolit penting yang membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat bagi orang yang banyak berkeringat.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut