get app
inews
Aa Read Next : Liga 3 Nasional 2023/2024, Hattrick Ganjar Loloskan PSGC Ciamis ke Babak 32 Besar

Tahun 2023 Kepatuhan Berlalu Lintas di Ciamis Meningkat, Kecelakaan Menurun

Minggu, 31 Desember 2023 | 09:47 WIB
header img
Tahun 2023 kepatuhan berlalu lintas di Ciamis meningkat, kecelakaan menurun. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Dalam ekspose akhir tahunnya, di Aula Pesat Gatra Mapolres Ciamis Sabtu (30/12) Kapolres Ciamis telah membeberkan kondisi berlalu lintas di Ciamis. Tidak hanya menyangkut kecelakaan tetapi juga kepatuhan berlalu lintas.

Menurut Kapolres AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro pada tahun 2023 telah terjadi 394 kecelakaan lalu lintas di Ciamis dengan jumlah korban meninggal sebanyak 116 orang.

Sementara pada tahun sebelumnya, tahun 2022 tercatat sebanyak 464 kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Ciamis dengan jumlah korban meninggal mencapai 189 orang.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kejadian kecelakaan lalu lintas selama tahun 2023 jauh berkurang dibanding tahun 2022 (prosentase penurunan mencapai 15,8 persen) dan  jumlah korban meninggal juga berkurang (mencapai 38,62 persen).

Menurunnya kejadian kecelakaan lalu lintas tersebut katanya diantaranya dengan adanya peningkatan kepatuhan berlalu lintas. Tahun 2022 tercatat sebanyak  sekitar 7.000 pelanggaran lalu lintas sedangkan tahun 2023 terdata sebanyak 5.100 pelanggaran lalu lintas.

“Ada peningkatan kepatuhan berlalu lintas,” ungkap Kapolres AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Selain itu berkoordinasi dengan sektor berwenang telah dilakukan pemasangan berbagai rambu-rambu, terutama imbauan kewaspadaan, hati-hati saat melewati ruas jalan yang rawan kecelakaan lalu lintas. Seperti di daerah belokan tikungan tajam, tanjakan maupun turunan. Berikut menambah penerangan jalan di jalur yang rawan kecelakaan.

“Termasuk perbaikan infrastruktur jalan. Di jalur rawan lalu lintas yang telah terjadi kecelakaan dengan korban banyak seperti di Sukamantri (blok Weslik) dan jalur Sriwinangun (Panjalu) – Payungsari (Panumbangan) badan jalannya diperlebar dan dipasang lampu penerang jalan (PJU),” imbuhnya.

Pada tahun 2022 lalu di jalur jalan kawasan Ciamis Utara tersebut telah terjadi 3 kecelakaan dengan jumlah korban yang banyak.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut