get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Minggu 5 Mei 2024

Sempat Tertimbun Longsor, Jalur Sadananya Kawali via Sukawening Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Rabu, 27 Desember 2023 | 18:05 WIB
header img
Sempat tertimbun longsor, jalur Sadananya Kawali via Sukawening sudah bisa dilalui kendaraan. Foto: Dok Pusdalops BPBD Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Akses lalu lintas jalan utama jalur Sadananya-Kawali via Sukawening Cipaku, Ciamis kembali normal bisa dilalui sepeda motor maupun mobil mulai pukul 15.45 WIB, Rabu (27/12) sore setelah terputus selama sehari semalam.

“Barusan sekitar pukul 15.45 jalan sudah bisa dilewati. Baik oleh sepeda motor maupun mobil. Arus lalu lintas Sadananya-Kawali lewat Citulang sudah normal kembali,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Ciamis R Memet Hikmat kepada iNewsCiamisRaya.id, Rabu (27/12).

Ruas jalan yang berada di kawasan kaki Gunung Sawal tersebut sempat tertimbun puing longsor di Dusun Citulang RT 02 RW 04 Desa Tanjungsari Sadananya, Selasa (26/12) jam 18.00 WIB.

Tebing setinggi 6 meter menimbun ruas jalan Sadananya-Kawali di Blok Citulang tersebut sepanjang 8 meter lebar 6 meter. Ketinggian timbunan mencapai 3 meter sehingga tidak bisa dilewati mobil maupun sepeda motor.

Menurut Kades Tanjungsari, Maman Sutarman, longsor tebing di Blok Citulang tersebut dipicu hujan lebat yang mengguyur sejak pukul 17.00 WIB, Selasa (26/12) sore tersebut dan menjelang magrib mulai reda. Waktu kejadian longsor hujan sudah reda. 

Setelah dua minggu dilanda halodo (cuaca panas), Selasa sore tersebut merupakan hari pertama turunnya hujan.

Longsor tebing tidak hanya menimbun ruas jalan tetapi juga mengancam bangunan PAUD Pelangi dan Pustu Citulang yang ada di bawahnya. Lokasi kejadian sekitar 1 km dari Sub Terminal Sadananya. Arus kendaraan mobil dan motor sempat dialihkan ke jalan desa di Dusun Cikalagen 1,5 km dari arah Sub Terminal Sadananya.

Menyusul kejadian tersebut warga setempat sempat bergotong royong bersama petugas dan relawan baik dari BPBD maupun Tagana menyingkirkan puing longsor secara manual. Sekitar jam 20.00 WIB, Selasa (26/12) malam itu sepeda motor sudah bisa lewat.

Alat berat sudah berada di lokasi sekitar pukul 21.00 WIB dan melakukan evakuasi puing longsor.

Menurut Memet, BPBD Ciamis menurun 8 petugas Pusdalopsnya ke lokasi kejadian untuk ikut melakukan evakuasi timbunan longsor mulai pukul 20.00 WIB sampai 02.30 WIB dini hari.

Pagi harinya, Rabu (27/12) BPBD Ciamis kembali mengerahkan 10 orang anggota Pusdalops ke lokasi kejadian yang dipimpin langsung Kasi Kedaruratan, Usid Suchlas.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut