get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Jumat 5 Juli 2024

Bawaslu Ciamis Rekrut 3.943 Pengawas TPS

Selasa, 26 Desember 2023 | 09:51 WIB
header img
Bawaslu Ciamis rekrut 3.943 Pengawas TPS. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

Bagian dari pengawasan Pemilu, Bawaslu Ciamis menggelar kegiatan pelatihan saksi parpol peserta Pemilu 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Tyara selama tiga hari mulai Senin (24/12) sampai Rabu(26/12). Pada Selasa (25/12) sore tersebut dengan peserta 9 parpol. Masing-masing parpol mengutus 15 orang saksi pemilu.

Untuk menjadi saksi yang profesional berkompeten, menurut Jajang, para saksi parpol tentu harus memahami aturan pemilu.

“Jika terjadi kecurangan dan intimidasi dan hal lain yang bersifat negatif, bila saksinya tidak profesional jelas akan berbahaya bagi demokrasi,” ingat Jajang dihadapan para saksi parpol untuk Pemilu 2024 peserta pelatihan saksi Selasa (25/12) sore tersebut.

Dan bila terjadi gugatan Pemilu ke MK ungkap Jajang, tentunya para saksi akan menjadi kunci kesaksian.  Terutama menyangkut proses pungut hitung pada hari H Pemilu.  

Sementara itu Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Ciamis, Fanny Dwiwiriantini SH yang tampil sebagai salah seorang pemateri pada kegiatan pelatihan tersebut menyebutkan setidaknya ada 6 potensi masalah di TPS saat pungut hitung suara.

Mulai dari akurasi data  pemilih, layout TPS yang tidak ramah disabilitas, pemilih pindahan nyoblos tanpa menggunakan C-6 tapi memaksa menggunakan KTP, pemilih yang sudah meninggal tetap dipanggil berpeluang surat suaranya digunakan orang lain, tingginya angka DPTB. Berikut yang perlu juga jadi sorotan adalah netralitas petugas KPPS tiap TPS. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut