get app
inews
Aa Read Next : Hati-Hati, 7 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Mengandung Tinggi Gula

5 Manfaat Cuka Apel Rutin Diminum Setiap Hari, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Sabtu, 16 Desember 2023 | 18:31 WIB
header img
Manfaat cuka apel. Foto: Freepik

Berapa Banyak Dosis Mengonsumsi Cuka Sari Apel?

Namun perlu diketahui, meskipun cuka sari apel memiliki banyak potensi manfaat kesehatan, penting juga untuk mewaspadai potensi risiko dan efek sampingnya. Penggunaan cuka sari apel murni secara topikal dapat menyebabkan luka bakar, iritasi, dan ketidaknyamanan karena keasamannya yang tinggi.

Sementara bagi penderita sakit maag, konsumsi makanan asam seperti cuka sari apel bisa memperburuk kondisinya.

Berdasarkan ulasan European Journal of Nutrition 2020 cuka sari apel juga dapat menyebabkan kadar potasium yang lebih rendah yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan jantung.

Kelompok orang tertentu juga harus berhati-hati saat mempertimbangkan penggunaan cuka sari apel. Wanita hamil dan menyusui, misalnya, harus menggunakannya dengan hemat karena tidak ada penelitian yang cukup untuk memastikan keamanannya selama periode tersebut.

Penderita diabetes, terutama mereka yang menggunakan insulin atau obat penurun glukosa lain, harus memantau kadar gula darahnya dengan cermat karena potensi cuka untuk menurunkan gula darah. Orang dengan riwayat sakit maag atau refluks asam mungkin mendapati bahwa cuka sari apel memperburuk gejalanya.

“Saat mengonsumsi ACV setiap hari, penting untuk tidak berlebihan dan tetap menggunakan dosis yang dianjurkan yaitu 1 hingga 2 sendok makan,” kata Melissa Mitri, RD , pemilik Melissa Mitri Nutrition yang berbasis di New York City.

"Mengonsumsi lebih dari itu meningkatkan risiko efek samping, seperti ketidaknyamanan gastrointestinal, dan dapat mempengaruhi enamel gigi," katanya.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews dengan judul "5 Manfaat Minum Cuka Apel Tiap Hari, Segini Dosis yang Tepat"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut