get app
inews
Aa Read Next : Mastama STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua: Proses Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kampus

KPA Ciamis Gagas Ekskul  E-Sport di Seluruh SMP, Cegah Bertambahnya Kasus Gen Z Tertular HIV AIDS

Selasa, 28 November 2023 | 08:41 WIB
header img
KPA Ciamis gagas ekskul  e-sport di seluruh SMP, cegah bertambahnya kasus Gen Z tertular HIV AIDS. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Dalam rangka memperingati Hari AIDS se Dunia yang jatuh tanggal 1 Desember nanti, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Ciamis memaknainya dengan mengukuhkan duta KPA tingkat SMP se Ciamis.

Ada 81 orang pelajar terpilih menjadi duta KPA tingkat SMP se Ciamis tersebut. Masing-masing seorang duta KPA dari tiap SMP.

Ke-81 duta KPA tersebut sudah dikukuhkan secara resmi oleh Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya di Aula Setda Ciamis, Senin (27/11).

Pengukuhan duta KPA tingkat SMP ini bentuk keprihatinan, adanya kasus anak usia SMP (generasi Gen Z) yang tertular HIV/AIDS. Akibat perilaku seks bebas, seks menyimpang. Terbanyak akibat hubungan seks laki-laki suka laki-laki (LSL).

“Tahun 2022, ada 5 anak generasi Z yang terpapar HIV/AIDS. Dari pelacakan yang dilakukan mereka terinfeksi virus HIV/AIDS saat masih sekolah di SMP dan SLTA. Sehingga akhirnya terpaksa putus sekolah (DO),” ungkap Ketua Sekretariat KPA Ciamis, Ustadz H Andi Ali Fikri, usai acara pengukuhan Duta KPA tingkat SMP di Aula Setda Ciamis, Senin (27/11).

Pengukuhan Duta KPA tingkat SMP tersebut menurut Ustadz Andi berangkat dari kesadaran bersama bahwa saat ini Gen Z (usia 8 tahun sampai 23 tahun) di Ciamis terancam penularan HIV/AIDS. Penyakit yang mematikan, yang tidak ada vaksin dan obat penawarnya. Tersebab perilaku seks bebas.

Duta KPA ini katanya diharapkan dapat melakukan tugas-tugas mulia  pencegahan HIV/AIDS minimal untuk dirinya sendiri. Untuk teman-teman sekelas, teman sekolah. Maupun di kalangan keluarga sendiri.

Para duta KPA ini ungkap Ustadz Andi sebagai pintu penyelamatan generasi Z dari ancaman penularan HIV/AIDS. Mengingat usia belia merupakan masa-masa yang rentan mencari jati diri yang terkadang terjerumus ke upaya coba-coba perbuatan yang membahayakan kesehatan dirinya sendiri. Seperti perilaku seks bebas akibat salah pergaulan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut