get app
inews
Aa Read Next : Mastama STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua: Proses Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kampus

STIKes Muhammadiyah Ciamis Wisuda 241 Mahasiswa, Ketua: Lulusan Profesional dalam Bidang Kesehatan

Selasa, 26 September 2023 | 19:39 WIB
header img
STIKes Muhammadiyah Ciamis Wisuda 241 Mahasiswa, Ketua: Lulusan Profesional dalam Bidang Kesehatan. Foto: Istimewa

Ciamis, iNewsCiamisRaya.id – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis (Mucis) mewisuda 241 mahasiswa dan mahasiswinya yang telah lulus di Gedung KH. Irfan Hielmy pada Selasa, (26/9/2023).

Wisudawan dan wisudawati tersebut terdiri dari D3 Kebidanan 24 orang, D3 Keperawatan 44 orang, D3 Farmasi 35 orang, D3 Analis 40 orang, S1 Keperawatan A 81 orang, dan S1 Keperawatan B 17 orang.

Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis, Nur Hidayat, SKM., MM, mengatakan, visi pendidikan Muhammadiyah sebagaimana yang tertuang dalam blue print putusan Muktamar Muhammadiyah ke-46 tentang Revitalisasi Pendidikan Muhammadiyah.

Visi ini adalah menciptakan manusia pembelajar yang bertaqwa, berakhlak mulia, berkemajuan, dan unggul dalam ipteks sebagai perwujudan tajdid dakwah amar makruf nahyi mungkar. Oleh karena itu, visi STIKes Muhammadiyah Ciamis adalah mewujudkan sekolah tinggi yang unggul dalam bidang kesehatan, berlandaskan nilai-nilai Islam, pada tahun 2028.

"Hari ini, Selasa, tanggal 26 September 2023, merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan akademik di STIKes Muhammadiyah Ciamis. Kami kembali meluluskan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan," ujar Nur Hidayat.

"Kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan orang tua wisudawan atas nama STIKes Muhammadiyah Ciamis, kami mengharapkan ilmu yang telah diperoleh akan bermanfaat bagi saudara-saudara, keluarga, dan masyarakat Tatar Galuh, khususnya, dan bagi negara dan bangsa pada umumnya," lanjut dia.

Nur Hidayat juga mengungkapkan bahwa pada tanggal 21 September 2023, pihaknya telah melaksanakan kegiatan sumpah profesi oleh masing-masing organisasi profesi seperti PPNI, IBI, PAFI, dan Patelki Provinsi Jawa Barat.

Ia berharap para lulusan akan memahami peran, fungsi, dan tanggung jawab mereka sebagai tenaga profesional dalam bidang kesehatan, yang didasari oleh nilai-nilai Al-Islam kemuhammadiyahan.

Selain memiliki jiwa profesionalisme dalam bidang kesehatan, lulusan STIKes Muhammadiyah juga diharapkan berperan sebagai pendakwah yang beramar makruf nahi mungkar. Ini adalah ciri khas yang membedakan lulusan STIKes Muhammadiyah dengan lulusan dari institusi lain.

Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis berpesan kepada para wisudawan bahwa ilmu adalah alat yang sangat tergantung pada tujuan, penggunaannya, dan etika penggunaannya. "Nilai universal dari pemanfaatan ilmu adalah untuk kemaslahatan umat secara keseluruhan," tegasnya.

"Sekaranglah saatnya saudara-saudara mengamalkan ilmu tersebut di masyarakat. Buktikan bahwa gelar yang telah saudara-saudara peroleh mencerminkan kompetensi yang dimiliki,” tegasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut