get app
inews
Aa Read Next : Joel Kojo Bomber Kirgistan Bantu Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Ini Profilnya 

Daftar Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Jadi Andalan Shin Tae-yong

Minggu, 10 September 2023 | 18:12 WIB
header img
Daftar pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang jadi andalan Shin Tae-yong. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Ada beberap pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang jadi andalan di era Shin Tae-yong, menarik untuk dibahas. Tentunya, pemain naturalisasi adalah topik yang menarik dalam dunia sepakbola Tanah Air.

Seperti diketahui, naturalisasi adalah proses di mana pemain asing dapat menjadi warga negara Indonesia sehingga mereka bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Proses naturalisasi ini dilakukan dengan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh PSSI dan hukum yang berlaku.

Dalam beberapa tahun terakhir, PSSI telah aktif melakukan proses naturalisasi pemain sepak bola untuk memperkuat Timnas Indonesia. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing skuad Garuda di tingkat internasional.

Proses naturalisasi masih dilakukan PSSI saat Timnas Indonesia dibesut oleh Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan tersebut sering memberikan daftar calon pemain keturunan sesuai dengan kebutuhannya, dan kemudian pemain-pemain tersebut dinaturalisasi oleh federasi sepak bola nasional yang saat ini diketuai oleh Erick Thohir.

Dilansir dari beragam sumber, berikut daftar pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang jadi andalan di era Shin Tae-yong.

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia era Shin Tae Yong

1. Marc Klok


 

Marc Klok adalah seorang gelandang serba bisa yang bermain untuk Persib Bandung. Marc Klok resmi menjadi Warga Negara Indonesia pada November 2020. Meskipun begitu, pemain kelahiran Amsterdam tersebut harus menunggu cukup lama untuk membuat debutnya di Timnas Indonesia.

Akhirnya, Marc Klok mendapatkan kesempatan untuk bermain di Timnas Indonesia pada SEA Games 2021, tepatnya dalam pertandingan melawan Vietnam pada tanggal 5 Juni 2022. Sejak itu, dia telah menjadi pemain yang tidak tergantikan dalam skuad Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Selama ini, Marc Klok telah mengumpulkan 15 caps untuk Timnas Indonesia.

2. Jordi Amat


 

Jordi Amat, bek kelahiran Barcelona, resmi mengantongi paspor Indonesia sejak November 2022. Ia mengambil sumpah setia kepada NKRI di Kanwil Kementerian Hukum dan Ham DKI Jakarta bersama dengan Sandy Walsh. 

Jordi Amat telah banyak memiliki pengalaman di dunia sepak bola Eropa sebelum bergabung dengan Johor Darul Ta'zim. Ia telah bermain di beberapa klub di Spanyol, termasuk RCD Espanyol, Rayo Vallecano, dan Real Betis.

Selain bermain di Negara Matador, Jordi Amat juga memiliki pengalaman bermain di klub Belgia, KAS Eupen, dan klub Inggris, Swansea City. Debut bek bertinggi 1,85 m ini di Timnas Indonesia terjadi pada pertandingan Grup A Piala AFF 2022 melawan Thailand, yang berakhir dengan kemenangan 2-1 bagi skuad yang diasuh oleh Shin Tae-yong.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut