get app
inews
Aa Read Next : Joel Kojo Bomber Kirgistan Bantu Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Ini Profilnya 

6 Penyebab Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Thailand di Piala AFF U-23 2023

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 13:24 WIB
header img
Timnas Indonesia Kalahkan Thailand di Piala AFF U-23 2023. Foto: PSSI

RAYONG, iNewsCiamisRaya.id – Ada enam faktor yang menyebabkan Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Thailand pada semifinal Piala AFF U-23 2023.

Garuda Muda secara mengejutkan menghajar tuan rumah Thailand 3-1 pada laga semifinal di Rayong Province Stadium, Kamis (24/8/2023) malam. Gol cepat yang dicetak oleh Kelly Sroyer pada menit kesepuluh memberikan keunggulan awal kepada Timnas Indonesia U-23.

Selanjutnya, Tandukan Muhammad Ferrari (23) yang menggandakan keunggulan tim memberikan tambahan skor bagi pasukan Shin Tae-yong. Meskipun Timnas Thailand U-23 tertinggal, mereka mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol yang dicetak oleh Chukid Wanpraphao (27). Tetapi, gol bunuh diri oleh Natcha Promsomboon (45+1) yang coba menghalau umpan silang Haykal Alhafiz menjelang akhir babak pertama menjadi pukulan psikologis bagi Timnas Thailand U-23.

Timnas Indonesia U-23 tampil luar biasa dalam pertandingan semifinal melawan Timnas Thailand U-23. Berkat performa mengesankan dari Ramadhan Sananta dan rekan-rekannya, sukses membuat Thailand tak berkutik.

Hasil laga tersebut berbanding terbalik dari penampilan Indonesia saat kalah 1-2 dari Malaysia, dan menang 1-0 atas Timor Leste di fase grup.

Lantas, apa saja faktor penyebab yang membuat Timnas Indonesia bisa menang atas Timnas Thailand? Simak ulasan berikut.

6 Penyebab Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Thailand

1. Kerja Sama Tim

Kerja sama tim yang solid dan efektif merupakan faktor kunci dalam sepak bola, dan tampaknya Timnas Indonesia U-23 berhasil mengimplementasikannya dengan baik dalam pertandingan kontra Timnas Thailand U-23. Kondisi ini tak terlihat di dua laga sebelumnya pada fase grup. 

Melawan tim muda Gajah Perang, tim Garuda Muda bergerak bersama dengan jarak yang dekat dan operan yang lancar.

Selain itu, setiap pemain menutupi celah satu sama lain di pertahanan tidak hanya mencegah serangan lawan, tetapi juga menciptakan formasi pertahanan yang kompak. Sehingga mampu membentuk pertahanan yang rapat (compact defense).

2. Ketenangan dan Mental yang Baik

Faktor ketenangan juga memegang peran kunci dalam kemenangan Indonesia vs Thailand. Kali ini, Garuda Muda menunjukkan mental kokoh di laga tersebut. Sananta dkk tak panik menerima setiap gempuran lawan.

Bermodal ketenangan ini, para pemain mampu mengarahkan bola dengan baik, tak terburu-buru. Dengan mentalitas yang baik, mereka juga bisa percaya diri menunjukkan kualitas permainannya. Kondisi ini juga yang membuat para pemain berhasil memaksimalkan peluang yang ada menjadi gol.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut