get app
inews
Aa Read Next : Deretan Sekte Paling Nyeleneh di Dunia, Seks Bebas Sesama Anggota hingga Bunuh Diri Massal 900 Orang

Fenomena Seks Bebas di Kalangan Remaja Usia 16 Tahun Capai 60 Persen, Ini 4 Faktor Penyebabnya

Senin, 07 Agustus 2023 | 11:56 WIB
header img
Seks bebas di kalangan remaja. Foto: RawPixel/Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menunjukkan bahwa 60 persen remaja usia 16 hingga 17 tahun di Indonesia telah melakukan hubungan intim. Sehingga dapat disimpulkan bahwa anak-anak remaja di bawah umur di Indonesia sudah banyak yang melakukan hubungan intim, alias seks ternyata bukanlah isapan jempol semata.

Menanggapi fakta di atas, Sosiolog dari Prodi Ilmu Sosiologi Universitas Sebelas Maret, Argyo Demartoto, mengungkapkan, situasi seperti ini memang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari internal maupun eksternal.

Lantas, apa saja faktor penyebab terjadinya fenomena seks bebas di kalangan remaja usia 16 tahun? Berikut penjelasan yang disampaikan Argyo Demartoto saat dihubungi melalui sambungan telpon oleh MNC Portal pada Jumat (4/8/2023).

Faktor Penyebab Fenomena Seks Bebas di Kalangan Remaja Usia 16 Tahun

1. Faktor Internal

Faktor internal yang dapat mempengaruhi perilaku seks bebas pada remaja meliputi hasrat atau dorongan seksual yang muncul pada masa remaja ketika reproduksi masuk pada usia subur. Dorongan seksual ini dapat muncul saat berada bersama pasangan.

"Ada dorongan seksual dari masa remaja, yang masa reproduksinya masuk di usia subur, kemudian juga motivasi seksual terutama ya itu dorongan internal,” ujar Argyo Demartoto, saat dihubungi MNC Portal, Jumat (4/8/2023).

“Hasrat seksual ketika bersama pacar atau partner begitu,” imbuhnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut