get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Menyambut Bulan Ramadan di Berbagai Daerah di Tanah Air

9 Ritual Nyeleneh di Dunia, Ada Mayat Berjalan dari Indonesia

Kamis, 11 Januari 2024 | 13:19 WIB
header img
Ritual Ma'nene di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Foto: Okezone/Jufri Tonapa

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Setiap budaya di dunia ini memiliki tradisi-tradisi unik yang seringkali terlihat nyeleneh bagi orang luar, namun memiliki makna yang dalam bagi masyarakat yang mempraktikkannya. Tradisi-tradisi tersebut seringkali menjadi bagian penting dari identitas suatu masyarakat dan merupakan warisan budaya yang sudah dipelihara turun-temurun.

Ritual dan tradisi yang telah ada sejak zaman nenek moyang terus dilestarikan hingga saat ini. Selain untuk menjaga kebudayaan, banyak orang juga masih percaya akan manfaat spiritual atau keberuntungan yang terkait dengan pelaksanaan ritual tersebut.

Penasaran, ritual nyeleneh apa saja yang ada di berbagai penjuru dunia? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Ritual Nyeleneh di Dunia

1. Melempar Bayi – India

Di India, tepatnya di Desa Solapur, Maharashtra ada ritual membuang bayi yang baru lahir dari menara setinggi 50 kaki atau 15 meter. Orang yang berada di bawah menara beramai-ramai memegang sprei untuk menangkap bayi dengan selamat.

Tradisi ini dihubungkan dengan kepercayaan akan keberuntungan bagi anak-anak sehingga diberikan umur panjang dan kesehatan.

2. Peti Mati Gantung – Tiongkok

Sepanjang Sungai Yangtze, Tiongkok terdapat artefak gantung dan fenomena okultisme (paham yang mempercayai adanya kekuatan gaib dalam benda atau roh tertentu). Tradisi ini telah diwariskan dari generasi ke generasi hampir 2.000 tahun silam.

Beberapa budaya di Negeri Tirai Bambu mengubur anggota keluarga dengan menggantungkannya di tebing setelah meninggal.

Peti mati yang digantung biasanya setinggi 33-164 kaki atau 10-40 meter. Bahkan, ada yang mencapai 328 kaki setara dengan 100 meter di atas tanah.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut