get app
inews
Aa Read Next : 10 Makanan yang Dapat Turunkan Kolesterol dengan Cepat, Singkirkan Lemak Jahat

Penderita Kolesterol dan Asam Urat yuk Merapat, Ini Resep Ramuan Herbal yang Gampang Bikinnya

Jum'at, 16 Juni 2023 | 10:39 WIB
header img
Resep Ramuan Herbal untuk Penderita Kolesterol dan Asam Urat. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.idKolesterol dan asam urat tak hanya diatasi dengan obat-obatan dari dokter saja. Ternyata, ada ramuan herbal yang bisa mengatasi secara alami kedua macam penyakit yang dikeluhkan oleh banyak orang ini. Dan Anda bisa membuat sendiri resep ramuan herbal tersebut.

Banyak bahan-bahan alami dapat dijadikan ramuan herbal untuk membantu menurunkan kadar kolesterol hingga asam urat. Jahe, kunyit hingga asam jawa adalah bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan.

Lalu, kenapa sih ketiga bahan tersebut sangat populer dalam dunia pengobatan tradisional untuk mengobati kolesterol hingga asam urat?

Dalam sesi talkshow Morning Update di iNews, Praktisi Kesehatan Islami, Ustadz Febri menjelaskan pengobatan berbagai penyakit dengan ramuan herbal sudah ada sejak turun temurun.

Tidak hanya di Indonesia, pengobatan penyakit dengan meracik ramuan herbal juga cukup populer di China, tidak terkecuali dalam hal mengobati kolesterol tinggi hingga asam urat. Menurutnya, bahan-bahan alami seperti jahe, kunyit hingga asam jawa cukup populer dijadikan ramuan herbal untuk mengatasi kolesterol dan asam urat karena memiliki tingkat keasaman dan vitamin C yang tinggi sebagai penghancur lemak dalam tubuh.

“Jadi, kolesterol itu biasanya memang ada pengaruh lemak tinggi lah kalau bahasa medisnya. Jadi penghancur lemak itu adalah keasaman. Jadi itu teori yang biasa dipakai,” ujar Ustadz Febri kepada iNews.id, di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Selain itu, kunyit sudah turun temurun dipercaya sebagai salah satu obat tradisional asam urat dan kolesterol yang memiliki sifat anti inflamasi. Menurutnya, sifat anti inflamasi tersebut lah membantu meredakan pembengkakan dan rasa nyeri asam urat. Warna kuning kunyit diketahui berasal dari kandungan kurkumin di dalamnya. Kandungan inilah yang berperan menguras asam empedu. 

Adapun kunyit yang diolah sebagai bumbu makanan juga bermanfaat bagi kamu yang menderita kolesterol tinggi. Pasalnya kunyit memiliki sifat menekan pengaruh buruk dari adanya lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh. Sementara asam jawa dipercaya dapat membantu membersihkan arteri dari kolesterol jahat. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kandungan serat yang tinggi di dalam asam jawa juga dapat memainkan peran potensial dalam pengurangan kolesterol, karena serat dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut