get app
inews
Aa
Read Next : Mastama STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua: Proses Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kampus

1990 Perangkat Desa se-Kabupaten Ciamis Berangkat ke Jakarta Ikuti Silatnas Jilid 3, Ini Tujuannya

Selasa, 24 Januari 2023 | 21:20 WIB
header img
1990 Perangkat Desa se-Kabupaten Ciamis Berangkat ke Jakarta Ikuti Silatnas Jilid 3, Ini Tujuannya. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS,iNewsCiamisRaya.id - Sebanyak 1990 perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Ciamis, berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Silaturahmi Nasional atau Silatnas Jilid 3.

Pemberangkatan para perangkat desa tersebut menggunakan 38 armada bus dan dilepas secara simbolis oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya di halaman depan Stadion Galuh Ciamis, Selasa (24/1/2023).

Ketua PPDI Ciamis, Toto Suryanto mengatakan, kegiatan Silatnas yang akan dilaksanakan pada Rabu (25/1/2023) tersebut bertujuan untuk menyampaikan tuntutan penguatan status kepegawaian dan peningkatan kesejahteraan perangkat desa kepada DPR RI.

“Adapun tuntutan kami sebetulnya tidak muluk-muluk. Pertama sesuai regulasi yang ada, kami ingin perangkat desa ini ada di sistem ASN (PNS/P3K), tuntutannya yaitu kesejahteraan dan status kami," kata Toto Suryanto.

Menurutnya, walaupun kesejahteraan perangkat desa setara dengan golongan IIA, diakui Toto, berbagai hak-hak lainnya belum terpenuhi seperti penghasilan tetap (Siltap) ke-13, tunjangan hari raya, tunjangan pendidikan, dan tunjangan jaminan hari tua.

“Selain itu, kami ke depan statusnya ada nomer induk perangkat desa, layaknya nomor induk pegawai serta merevisi UU No.6 terkait permasalahan desa. Misalkan, banyaknya perangkat desa yang diturunkan oleh kepala desa, dengan aturan yang ada jadinya mandul, dan ingin diperkuat lagi," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut