get app
inews
Aa Read Next : Mastama STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua: Proses Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kampus

Jelang Malam Tahun Baru 2023, Tercatat 75.644 Kendaraan Melintasi Ciamis

Jum'at, 30 Desember 2022 | 19:34 WIB
header img
Jelang Malam Tahun Baru 2023, Tercatat 75.644 Kendaraan Melintasi Ciamis. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Arus lalu lintas kendaraan menjelang perayaan tahun baru 2023 di wilayah Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Achmad Yani mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan posko untuk pengamanan dan pemantauan arus lalu lintas di wilayah Sindangkasih, Puskesmas Ciamis, Alun-alun Ciamis, Kawali, Cisaga, dan Banjarsari.

"Selain memantau di tiap posko, kami juga melakukan pemantauan dan menghitung jumlah kendaraan yang melintas di Kabupaten Ciamis melalui 9 kamera ATCS di 9 persimpangan. Utamanya di simpang Pahlawan kita memantau kendaraan yang masuk dan keluar wilayah Kabupaten Ciamis," kata Achmad, Jumat (30/12/2022).

Ia menuturkan, peningkatan kendaraan yang melintas di wilayah Kabupaten Ciamis diperkirakan mencapai 40 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bahkan pada H-1 hari Natal, jumlah kendaraan yang melintas mencapai 75.644 unit atau meningkat sekitar 101 persen.

"Kalau secara statistik pada tanggal 24 Desember 2022 itu sampai dengan 75.644 kendaraan yang melintas, kalau sekarang terpantau baru 49.688 kendaraan, mulai dari kendaraan umum, pribadi, angkutan barang dan sepeda motor. Kemudian peningkatan ini didominasi sepeda motor dengan jumlah sekitar 23.446 kendaraan," lanjut Achmad.

Mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan dan kemacetan, lanjut dia, pihaknya bersama unsur TNI dan Polri serta dinas terkait lainnya bersiaga di pos-pos pengamanan untuk memberikan pelayanan dan kenyaman kepada masyarakat.

“Kami menghimbau kepada masyarakat apabila melakukan atau melaksanakan perayaan tahun baru agar mengisinya dengan kegiatan yang positif, baik dengan keluarga maupun lingkungan serta tetap menjaga ketentraman dan ketertiban," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut