get app
inews
Aa Read Next : Mastama STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua: Proses Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kampus

Kodim 0613 Ciamis Bersama Pemda Tanam 3.500 Bibit Pohon, Antisipasi Perluasan Lahan Kritis

Senin, 28 November 2022 | 19:15 WIB
header img
Kodim 0613 Ciamis Bersama Pemda Tanam 3.500 Bibit Pohon, Antisipasi Perluasan Lahan Kritis. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 28 November, TNI berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar serta Pemda Kabupaten Ciamis, menanam 3.500 bibit pohon di Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Senin (28/11/2022).

Komandan Kodim (Dandim) 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga lingkungan hidup sekaligus menanggulangi terjadinya peluasan lahan kritis.

"Maka dengan penanaman ini lahan-lahan kritis dapat kita persempit, kemudian untuk penghijauan lahan di wilayah Ciamis dan akan semakin tertata terutama untuk penyerapan air di lingkungan," kata Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Menurutnya, pohon yang ditanam di Desa Cimari ini merupakan bibit pohon yang memiliki kualitas batang yang keras, seperti pohon buah, alpukat, durian, mangga, albasia, mahoni, pete dan lain sebagainya.

"Penanaman pohon ini juga sebagai upaya pencegahan terjadinya longsor dan abrasi, maka pohon-pohon yang ditanam ini merupakan pohon yang nantinya bakal memiliki batang pohon yang keras," ujarnya.

Dandim 0613 Ciamis menambahkan, pihaknya telah menyelesaikan lebih kurang 7 titik penanaman pohon di wilayah Kabupaten Ciamis. Sebelumnya, penanaman pohon sebanyak 5.000 batang dilaksanakan di wilayah Puncak Bakom, Kabupaten Ciamis.

"Hari ini di Kecamatan Cikoneng ada sekitar 3.500 pohon. Program ini akan berjalan sampai akhir tahun dan akan terus berlanjut di tahun depan dengan lebih ditingkatkan lagi," tambahnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut